Kebijakan Editorial

Fokus dan Ruang Lingkup

Jurnal Dedikasi Masyarakat menerbitkan artikel yang meliputi hasil-hasil pengabdian kepada masyarakat multidisiplin ilmiah yang mencakup permasalahan umum atau masalah yang terkait dengan program pemberdayaan masyarakat. Publikasi jurnal ini adalah hasil pemikiran konseptual atau gagasan berdasarkan hasil penelitian dan/atau pelaksanaan pengabdian yang telah dicapai demi menghasilkan masyarakat yang berdaya, serta dapat mengispirasi dan bermanfaat bagi masyarakat secara luas.

 

Kebijakan Bagian

Artikel

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review
 

Proses Peer Review

Setiap manuscript yang masuk pada pengelola jurnal akan diperiksa dan diseleksi oleh Editorial Board. Pada proses ini, manuscript yang memenuhi syarat akan dikirim ke reviewer untuk di-riview. Proses review akan dilakukan dengan blind review untuk menghindari subjectivitas reviewer. Pada proses ini, reviewer akan memberikan keputusan pada manuscript yang direview. Setelah itu, manuscript akan dikirim kembali ke penulis untuk direvisi. Proses ini membutuhkan kurun waktu satu bulan. Setiap manuskrip, akan dinilai oleh dua reviewer berdasarkan aspek substansial dan teknis. Reviewer yang berkolaborasi dengan Jurnal Dedikasi Masyarakat adalah para pakar dibidangnya masing-masing. Mereka cukup berpengalaman dalam pengelolaan dan publikasi jurna.

 

Frekuensi Penerbitan

Jurnal Dedikasi Masyarakat diterbitkan dua kali setahun (Nomor 1 diterbitkan setiap bulan Maret, dan Nomor 2 diterbitkan setiap bulan Oktober)

 

Kebijakan Akses Terbuka

Jurnal ini menyediakan akses secara terbuka dan langsung pada kontennya berdasarkan prinsip bahwa hasil pengabdian dipublikasikan untuk kepentingan umum dan disebarluaskan sebagai bentuk pertukaran pengetahuan secara global dan lebih besar.

 

Pengarsipan

OJS sistem LOCKSS berfungsi sebagai sistem pengarsipan terdistribusi antar-perpustakaan yang menggunakan sistem ini dengan tujuan membuat arsip permanen (untuk preservasi dan restorasi). Lanjut...

 

Etika Publikasi

TUGAS PENULIS

1. Standar Pelaporan:

Penulis harus menyajikan laporan pelaksanaan kegiatan secara akurat tentang apa yang telah dilakukan serta menyajikan pembahasan yang objektif dan sesuai dengan tujuan pelaksanaan pengabdian. Data harus disajikan secara akurat dan mendetail dalam manuskrip tulisan. Manuskrip harus berisi rujukan yang tepat dan cukup layak untuk dijadikan referensi bagi pelaksana pengabdian lainnya. Manuskrip yang terindikasi menyajikan data yang tidak akurat serta   merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

2. Akses Data dan Retensi:

Penulis diminta memberikan data mentah sehubungan dengan makalah untuk tinjauan editorial, serta harus siap memberikan akses publik terhadap data tersebut (sesuai dengan Pernyataan ALPSP-STM tentang Data dan Database), jika memungkinkan, sebaiknya data disimpan setelah tulisan diterbitkan.

3. Keaslian dan Jiplakan:

Penulis harus memastikan bahwa mereka telah menulis karya yang sepenuhnya asli dan dapat dipertanggungjawabkan, dan jika penulis menggunakan karya dan / atau kata-kata orang lain, pastikan kata-kata tersebut telah dikutip atau dengan tepat.

4. Penerbitan berulang atau berkali-kali:

Secara umum, seorang penulis seharusnya tidak menerbitkan manuskrip pelaksanaan pengabdian yang sama pada lebih dari satu jurnal. Mengirimkan naskah yang sama ke lebih dari satu jurnal secara bersamaan merupakan perilaku penerbitan yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

5. Pengakuan Rujukan:

Pengakuan yang benar atas karya orang lain harus selalu diberikan. Penulis harus mengutip publikasi yang menjadi rujukan dalam karya tulis yang publikasikan.

6. Kepemilikan Manuskrip:

Kepemilikan atas manuskrip harus dibatasi bagi mereka yang berkontribusi terhadap konsep, desain, pelaksanaan, atau interpretasi dari pelaksanaan pengabdian yang dilaporkan. Semua orang yang berkontribusi harus terdaftar sebagai rekan penulis. Bila ada orang lain yang berpartisipasi dalam aspek tertentu pada pelaksanaan pengabdian, mereka harus diakui atau terdaftar sebagai kontributor. Corresponding Author harus memastikan bahwa semua rekan penulis telah terdaftar dalam manuskrip, selain itu, Corresponding Author harus memastikan bahwa semua rekan penulis telah melihat dan menyetujui versi terakhir dari manuskrip dan telah menyetujui pengajuannya untuk dipublikasikan.

7. Pengungkapan dan Benturan Kepentingan:

Semua penulis harus mengungkapkan penyandang dana  pelaksanaan pengabdian dalam salah satu bagian manuskrip.

8. Kesalahan mendasar atas karya yang diterbitkan:

Apabila penulis menemukan kesalahan atau ketidaktepatan dalam karyanya yang telah terbit, maka penulis wajib untuk segera memberi tahu editor jurnal atau penerbit untuk menarik kembali atau memperbaiki artikel tersebut.

9. Material Berbahaya:

Jika pelaksanaan pengabdian melibatkan material berbahaya, prosedur atau peralatan yang memiliki bahaya yang tidak biasa yang melekat dalam penggunaannya, penulis harus secara jelas mengidentifikasi ini dalam manuskrip.

 

TUGAS EDITOR

1. Fair Play:

Setiap saat seorang editor harus mengevaluasi manuskrip sesuai dengan kemampuan intelektual mereka tanpa memperhatikan ras, jenis kelamin, orientasi seksual, kepercayaan, asal etnis, kewarganegaraan, atau filosopy politik para penulis.

2. Kerahasiaan:

Chief Editor dan jajarannya  tidak boleh mengungkapkan informasi apapun tentang manuskrip yang dikirimkan kepada orang lain selain penulis, reviewer, penasihat editorial, dan penerbit.

3. Pengungkapan dan Benturan Kepentingan:

Materi yang tidak dipublikasikan dan disajikan dalam manuskrip yang diajukan tidak boleh digunakan oleh editor dalam kegiatannya tanpa adanya persetujuan tertulis dari penulis.

4. Keputusan Publikasi:

Dewan Editor Jurnal bertanggung jawab penuh untuk menentukan manuskrip yang dapat diterima dan dipublikasikan. Validitas pelaksanaan pengabdian dan manfaatnya bagi penulis dan pembaca harus menjadi pertimbangan dalam pengambilan keputusan. Para editor diikat oleh kebijakan yang telah ditetapkan oleh  dewan editorial jurnal yang mengacu pada aturan hukum yang berlaku dan tidak boleh dilanggar seperti perbuatan fitnah, pelanggaran hak cipta dan plagiarisme.

5. Review Manuskrip:

Editor Jurnal harus memastikan bahwa setiap manuskrip telah diperiksa keasliannya. Editor harus mengatur dan mendistribusi  peer review secara adil dan bijaksana. Editor harus menjelaskan dan menginformasikan tentang proses peer review kepada penulis. Editor harus memilih peer reviewer yang memiliki kepakaran yang memadai pada manuskrip terpilih untuk menghindari konflik kepentingan.

 

TUGAS REVIEWER

1. Memberikan Masukan terhadap Keputusan Editorial:

Peer reviewer memberikan  masukan bagi editor untuk membuat keputusan serta melalui tim editorial berkomunikasi dengan penulis agar penulis dapat memperbaiki manuskripnya berdasarkan masukan dari reviewer.

2. Kecepatan:

Setiap reviewer terpilih yang merasa tidak memenuhi kualifikasi keilmuan untuk mereview manuskrip atau mengetahui bahwa dia tidak bisa melakukan review dalam waktu singkat, sebaiknya  memberi tahu editor dan menyarankan editor untuk mencari reviewer yang lain.

3. Objektivitas:

Hasil review harus dilakukan secara obyektif. Kritik yang sifatnya sangat pribadi terhadap penulis tidak dapat ditolerir. Reviewer harus menjelaskan pandangannya dengan jelas dan disertai argumen pendukung.

4. Kerahasiaan:

Setiap manuskrip yang diterima untuk direview harus dijaga kerahasiaanya. Manuskrip yang direview tidak boleh ditunjukkan atau didiskusikan dengan orang lain kecuali atas ijin dari dewan editor.

5. Pengungkapan dan Benturan Kepentingan:

Informasi atau ide yang diperoleh melalui peer review harus dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk keuntungan pribadi. Reviewer tidak boleh menganggap bahwa mereka memiliki kontribusi terhadap manuskrip yang di-review  sehingga reviewer dapat menggunakan manuskrip untuk kepentingan pribadinya. 

6. Pengakuan Rujukan:

Reviewer harus mengidentifikasi publikasi yang dianggap relevan yang belum dikutip oleh penulis. Setiap pernyataan tentang pengamatan, derivasi, atau argumen yang dilaporkan harus disertai dengan kutipan yang relevan. Seorang reviewer juga harus memberitahu editor jika ada kesamaan substansial atau tumpang tindih antara manuskrip yang sedang direview dengan artikel publikasi lainnya yang telah dipublikasi.

 

Author Fee

Biaya publikasi Rp. 400.000,- (IDR)

 

Screening Plagiat

Manuskrip yang diajukan pada Jurnal Dedikasi Masyarakat akan dicek tingkat plagiatnya menggunakan plagiarism machine.

 

Managemen Referensi

Semua data atau kutipan dalam artikel yang bersumber dari artikel penulis lainnya harus dilampirkan dalam referensi dan disusun dari A sampai Z. Penulis disarankan untuk menggunakan aplikasi manajemen referensi seperti Mendeley, End Note, atau Zotero. Format penulisan yang digunakan dalam Jurnal Dedikasi Masyarakat (JDM) mengikuti format yang diterapkan oleh APA 6th Edition (American Psychological Association).