IbM PENGUASAAN PRACTICAL ENGLISH DENGAN MEMFASILITASI “A SELF STUDY BOOK OF ENGLISH DAILY CONVERSATIONS AND WORDS” KEPADA SISWA-SISWI DI KELURAHAN LAPADDE KOTA PAREPARE

Penulis

  • Khadijah Maming Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas MUhammadiyah Parepare http://orcid.org/0000-0003-3862-0785
  • St. Maryam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Parepare

DOI:

https://doi.org/10.31850/jdm.v1i1.228

Kata Kunci:

penguasaan kosakata, kemampuan berbicara, pengembangan, materi tambahan, practical english.

Abstrak

Peneliti berfokus pada kosakata dan kemampuan berbicara sebagai salah satu komponen bahasa yang sangat penting dan merupakan pendukung untuk menguasai skill berbahasa lainnya. Hal tersebut juga yang menjadi permasalahan bagi kedua mitra IbM, dimana siswa-siswi memiliki kemampuan yang rendah dalam hal perbendaharaan kata-kata dan kemampuan berbicara. Olehnya itu, siswa-siswi tingkat sekolah dasar sampai menengah harus dapat menguasai Practical English, dalam hal ini pengembangan kosakata dan kemampuan berbicara. Kemampuan untuk bisa fasih bercakap-cakap dalam bahasa Inggris yaitu bahwa itu perlu dilatih setiap hari. Untuk dapat aktif dan lancar dalam berbicara bahasa Inggris, pembelajar tidak boleh hanya mengandalkan buku-buku ataupun bentuk-bentuk tertulis semata. Oleh sebab itu, pembelajar harus mengetahui banyak kumpulan kosakata yang memadai dan konteks bahasa serta yang terutama penggunaannya. Peneliti memfasilitasi sebuah materi-materi dasar bahasa Inggris yang sifatnya materi tambahan berupa materi petunjuk “Self Study Book of Daily Conversation and Words”. Mereka difasilitasi teks-teks bacaan yang sederhana dengan judul yang bervariasi kemudian siswa-siswi diminta untuk membaca dan menterjemahkan dengan bantuan kamus bahasa Inggris serta daftar kosakata yang kemudian dihapal sekitar 10-20 kata perhari. Selian itu, disiapkan juga topik-topik percakapan beserta contoh-contoh ungkapan yang menarik serta mudah dikomunikasikan. Dengan dasar kosakata dan ungkapan bahasa Inggris yang diketahui, mereka mengaplikasikannya dalam bentuk praktek berkomunikasi. Hasil kegiatan ini siswa mampu membedakan jenis-jenis kata yaitu kata benda, kata sifat, kata kerja, kata keterangan, kata ganti diri, kata depan, dan beberapa kata tambahan (addition). Perbendaharaan kosakata mereka juga meningkat secara perlahan-lahan, dalam hal ini mereka mampu mengingat kata-kata Bahasa Inggris sebagaimana yang tertera pada Self Guide Book tersebut. Selanjutnya, pada aspek kemampuan berbicara, mereka sudah mampu memanfaatkan kata-kata dan kalimat-kalimat dasar yang mereka telah pahami dan hapal yang kemudian mereka gunakan dalam bercakap-cakap dan berinteraksi dengan teman-temannya. Ditambah juga aspek mental, yaitu keberanian dan kepercayaan diri mereka meningkat khusunya dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris.

Biografi Penulis

Khadijah Maming, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas MUhammadiyah Parepare

Nama Khadijah Maming, seorang dosen pada Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Parepare.

St. Maryam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Parepare

St. Maryam adalah seorang dosen pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Parepare. Beliau mengajarkan mata kuliah Bahasa Arab.

Referensi

Asher, J. Total Physical Response. Accessed from www. Google. Com. Sunday, March 1st, 2015.

Huddleston, R. 2003. English Grammar; An Outline. New York: Cambridge University Press.

Idris, Sjamsir. 1994. Practical English, for the Elementary Students. Parepare.

Idris, Sjamsir. 1994. Mastering Practical English, for Intermediate Students. Parepare.

Riyanto, Slamet. 2004. Gateway, English for Active Communication. Yogyakarta: Haitamy el-Jaid.

Semita, J. Muryani. 2014. Conversation is Easy. Yogyakarta: Buku Pintar.

Simanjuntak, Herpinus. 2014. Daily Conversation + Words English. 2014. Jakarta Pusat: Kesaint Blanc.

Unduhan

Diterbitkan

2017-09-13