PELATIHAN PENGELOLAAN MAKAN DENGAN 3J PADA PENDERITA DM BESERTA KELUARGANYA DI KECAMATAN SIMBANG KABUPATEN MAROS

Penulis

  • Yusran Haskas Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Nani Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.31850/jdm.v2i1.358

Kata Kunci:

diabetes melitus, pengelolaan makan, 3J

Abstrak

Diabetes melitus merupakan penyakit global yang prevalensinya terus mengalami peningkatan di dunia, baik pada negara maju maupun negara berkembang, tidak terkecuali di Kabupaten Maros. Perubahan pola gaya hidup yang tidak sehat akan meningkatkan jumlah penderita diabetes. Upaya penanggulangan yang dapat dilakukan untuk mencegah terus meningkatnya kasus DM adalah dengan empat pilar pelaksanaan agar dapat mempertahankan kadar gula darah dalam keadaan stabil pada penderita DM. Salah satu solusi yang dapat diberikan kepada penderita DM agar dapat mengontrol kadar gula darah adalah dengan memberikan pelatihan pengelolaan makan dengan 3J (jenis, jadwal dan jumlah). Metode yang dilakukan adalah penyuluhan dan pelatihan yang bertujuan untuk menambah pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang pengelolaan makan dengan 3J pada penderita DM. Hasil pelaksanaan pengabdian masyarakat ini yaitu adanya peningkatan pengetahuan dan pemahaman tentang mengelola makan dengan 3J, sehingga terjadi peningkatan khususnya pada penderita DM dalam mengontrol kadar gula darahnya agar tetap dalam batas normal.

Biografi Penulis

Yusran Haskas, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Nani Hasanuddin

Departemen Keperawatan

Pangkat Lektor

Referensi

Almatsier, S. 2009. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

American Diabetes Association (ADA). 2010. Diagnosis and Classification of Diabetes Mellitus. Diabetes Care Journals, vol. 35 (1), pp. 564-571.

Azrimaidaliza. 2009. Asupan Zat Gizi dan Penyakit Diabetes Mellitus. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(1), pp. 36-41.

Dinkes Kab. Maros. 2014. Profil Kesehatan Kabupaten Maros 2013. Maros : Dinas Kesehatan Kabupaten Maros.

Dinkes Sulsel. 2012. Profil Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan. Makassar : Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan.

Effendi. 2009. Buku Ajar Nutrisi Bedah. Jakarta : Farmedia.

Haskas, Y. 2017. Determinan Perilaku Pengendalian Diabetes Melitus di Wilayah Kota Makassar. Global Health Science, Volume 2 Issue2.

International Diabetes Federation (IDF). 2015. IDF Diabetes Atlas : Seventh Edition. Belgium : International Diabetes Federation.

Kementerian Kesehatan RI. 2013. Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) Tahun 2013. Jakarta : Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI.

PERKENI. 2011. Konsensus Pengendalian dan Pencegahan Diabetes Mellius Tipe 2 Di Indonesia 2011. Jakarta : PERKENI.

Unduhan

Diterbitkan

2018-09-21