ANALISIS MARGIN PEMASARAN SAPI BALI PADA KELOMPOK TANI RAMAH LINGKUNGAN DI DESA GALUNG KECAMATAN BARRU KABUPATEN BARRU

Authors

  • Baharuddin Pabbo Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Universitas Muhammadiyah Parepare

DOI:

https://doi.org/10.31850/jgt.v5i2.170

Keywords:

analisis pemasaran, sapi bali, kelompok tani

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui saluran pemasaran Sapi Bali di kelompok tani Ramah Lingkungan Kecamatan Barru Kabupaten Barru, dan mengetahui margin pemasaran pada setiap lembaga pemasaran. Penelitian ini dilaksanakan pada Kelompok Tani Ramah Lingkungan di Kecamatan Barru Kabupaten Barru dengan jumlah sampel responden sebanyak 25 orang. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif berdasarkan survei dan pengamatan yang dilakukan, serta dengan menghitung share margin untuk setiap saluran pemasaran. Hasil data menyatakan bahwa Ragam saluran pemasaran sapi pada kelompok tani Ramah Lingkungan di Kabupaten Barru dibagi menjadi tiga, yaitu: Saluran I, Anggota Kelompok ke Pedagang Pengumpul; Saluran II, Anggota Kelompok ke Pedagang Pengecer; dan Saluran III, Anggota Kelompok ke Konsumen. Pola distribusi ternak sapi pada Kelompok Tani Ramah Lingkungan di Kabupaten Barru secara umum masih panjang dan melibatkan banyak pelaku pasar, sehingga mengakibatkan adanya beban biaya pemasaran yang menjadi beban konsumen semakin tinggi. Saluran pemasaran yang panjang menyebabkan meningkatnya margin pemasaran, sehingga harga akhir yang harus dibayar oleh konsumen menjadi lebih tinggi dan bagian harga yang harus diterima oleh peternak sebagai produsen menjadi semakin kecil.

References

Arikunto, S. 2002. Prosedur Suatu Penelitian; Pendekatan Praktek. Edisi Revisi Kelima, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.

Assauri. 1999. Pengantar Tata Niaga dan Pemasaran. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Philip. K. 1997. Marketing Management “Analysis, Planning, Implementation and Control” (9th ed.). New Jersey: Prentice Hall International, Inc.

Ratniati, N.K. 2007. Analisis sistem pemasaran ternak sapi potong PT Giant Great Livestock Company Lampung Tengah. Skripsi Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Rismawati. 2000. Analisis Pemasaran Susu Peternak Sapi Perah Anggota Koperasi Usaha Peternakan dan Pemerahan Kaliurang Pakem Sleman. Skripsi S1, Fakultas Peternakan, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Subagja, H. 2005. Analisis Pemasaran Ayam Broiler. Di Kabupaten Jember. Tesis S2. Sekolah Pascasarjana. Universitas Gadja Mada, Yogyakarta.

Sutejo. 1997. Marketing, Siasat Memenangkan Persaingan. Gramedia Pustaka Umum, Jakarta.

Published

09-08-2016

Issue

Section

Articles