PENENTUAN STANDARD OPERATING PROCEDURE (SOP) PADA DODOL JEWAWUT

Authors

  • Indrastuti Indrastuti Universitas Sulawesi Barat
  • Fatmawaty Damrah West Sulawesi University

DOI:

https://doi.org/10.31850/jgt.v7i2.333

Keywords:

bahan pangan, dodol, jewawut, kriteria, SOP

Abstract

Jewawut merupakan sejenis serealia berbiji kecil yang populer sebagai makanan pokok di beberapa wilayah di Indonesia seperti Sulawesi Barat, Pulau Buru, Nusa Tenggara Timur, dan Jawa Tengah. Jewawut juga merupakan sumber bahan pangan keenam setelah gandum, beras, jagung, barley, dan sorgum. Salah satu produk hasil olahan jewawut yang sangat diminati oleh masyarakat Sulawesi Barat adalah Dodol Jewawut. Tujuan pelaksanaan penelitian adalah untuk merancang Standard Operating Procedure (SOP) pada proses produksi dodol jewawut  dan  pada bahan baku, peralatan, tenaga kerja dan ruang produksi dodol jewawut. Hasil penelitian menunjukkan SOP produksi meliputi pemilihan bahan baku dan proses produksi dodol. Sedangkan untuk SOP bahan baku, peralatan, tenaga kerja dan ruang produksi dodol terdapat 5 standarisasi yaitu bahan baku (biji jewawut) dengan 7 kriteria, air dengan 7 kriteria, peralatan yang digunakan dengan 7 kriteria, sanitasi pekerja dengan 7 kriteria dan sanitasi ruangan produksi dengan 4 kriteria. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa SOP dodol jewawut mulai proses produksi hingga pengemasan, pada UKM dodol di Desa Pambusuang. SOP ini disusun untuk menjaga kualitas dan kestabilan produk. SOP yang dihasilkan terdiri dari: SOP Bahan baku, Produksi, Peralatan, Pekerja dan Ruang produksi.

Author Biography

Fatmawaty Damrah, West Sulawesi University

saya merupakan salah satu dosen di Universitas Sulawesi Barat di Prodi Agribisnis

References

Dukes, JA. 1978. The Quest of Tolerant Germplasm. Di dalam: Crops Tolerance to Suboptimal Land Conditions. Jung, G. A. (ed.). Spec 32 Pub. Madison

Faesal. 2013. Peningkatan Peran Penelitian Tanaman Serealia Menuju Pangan Mandiri. Seminar Nasional Serealia Tahun 2013. Balai Penelitian Tanaman Serealia. 181-191.

Irawati R, Hardiastuti EBW. 2016. Perancangan Standard Operating Procedure (SOP) Proses Pembelian Bahan Baku, Proses Produksi dan Pengemasan pada Industri Jasa Boga (Studi Kasus pada PT. KSM Catering & Bakery Batam). Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis. 4 (2): 186-193.

Sari I. 2010. Pembuatan Mie Instan dari Tepung Komposit Biji-Bijian. Laporan penelitian tidak dipublikasi. Universitas Sumatera Utara, Medan.

Santosa, J. 2014. Lebih Memahami SOP. Kata Pena, Surabaya.

Suherman, O., Zairin, M., dan Awaluddin, 2009. Keberadaan dan Pemanfaatan Plasma Nutfah Jewawut di Kawasan Lahan Kering Pulau Lombok. http://ntb.litbang.deptan.go.id. Diakses pada 30 Mei 2017.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Penerbit Alfabeta, Bandung.

Tambunan RM. 2013. Standar Operating Procedure (SOP) Edisi 2. Maeistas Publishing, Jakarta.

Yanuwar W. 2009. Studi Aktivitas Antioksidan dan Imunomodulator Serealia Lokal Non Beras. Laporan penelitian tidak dipublikasi. Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Published

10-08-2018

Issue

Section

Articles