KANDUNGAN SELLULOSA, HEMISELLULOSA DAN LIGNIN PAKAN KOMPLIT BERBASIS TONGKOL JAGUNG YANG DISUBSTITUSI Azolla pinnata PADA LEVEL YANG BERBEDA

Authors

  • Fitriani Fitriani Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Juliawati Rauf Universitas Muhamamdiyah Parepare
  • Intan Dwi Novieta Universitas Muhamamdiyah Parepare
  • Muh. Syahril R Universitas Muhammadiyah Parepare

DOI:

https://doi.org/10.31850/jgt.v7i3.365

Keywords:

A. pinnata, pakan komplit, sellulosa, hemisellulosa, lignin

Abstract

Pemanfaatan limbah pertanian seperti tongkol jagung menjadi solusi untuk mengatasi masalah pakan. Azolla pinnata juga merupakan salah satu tanaman paku dan dianggap gulma oleh petani. Tanaman ini memiliki potensi sebagai pakan bagi ternak ruminansia, ketersediaan yang tinggi serta kandungan nutrisi yang cukup baik merupakan pertimbangan penggunaannya sebagai pakan ternak. Penelitian bertujuan untuk mengetahui kandungan serat pada pakan yang diberi Azolla pinnata dengan level yang berbeda. Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap dengan tiga perlakuan dan diulang tiga kali sehingga terdapat 9 satuan percobaan. Peubah yang diamati untuk melihat respon terhadap perlakuan yang diberikan adalah kandungan sellulosa, hemisellulosa dan lignin yang dianalisis menggunakan metode analisis Van-Soest. Hasil analisis ragam pakan komplit berbasis tongkol jagung dengan penambahan Azolla sebagai pakan ternak ruminansia berpengaruh sangat nyata (P>0,05) terhadap kandungan sellulosa, hemisellulosa dan lignin. Kandungan sellulosa yang diperoleh berkisar antara 18,67% sampai dengan 22,42%. Kandungan hemisellulosa pakan komplit berkisar antara 25,60% - 28,40% sedangkan kandungan lignin berkisar antara 8,60% - 9,40%.

Author Biographies

Fitriani Fitriani, Universitas Muhammadiyah Parepare

Fakultas Pertanian, Peternakan dan Perikanan

Universitas Muhammadiyah Parepare

Juliawati Rauf, Universitas Muhamamdiyah Parepare

Fakultas Pertanian, Peternakand dan Perikanan

Universitas Muhammadiyah Parepare

Intan Dwi Novieta, Universitas Muhamamdiyah Parepare

Fakultas Pertanian, Peternakand dan Perikanan

Universitas Muhammadiyah Parepare

Muh. Syahril R, Universitas Muhammadiyah Parepare

Fakultas Pertanian, Peternakand dan Perikanan

Universitas Muhammadiyah Parepare

References

Afify AEMR, HS El-Betagi, SMA El Salam and AA Omran. 2012. Biochemical changes in phenols, flavonoids, taninns, vitamin E, β-caroten and antioxidant activity during soaking of three white sorghum varieties. Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine 20, 203-209.

BPS Sulawesi Selatan. 2016. Statistik Daerah Provinsi Sulawesi Selatan 2016. Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Selatan.

Fitriani dan Asyari, H. 2017. Kandungan Protein Kasar dan Serat Kasar Pakan Komplit Berbasis Tongkol Jagung dengan Penambahan Azolla Sebagai Pakan Ruminansia. Jurnal galung Tropika. Vol. 6 (1). 12-18.

Halili, A. 2014. Kandungan selulosa, hemiselulosa dan lignin pakan lengkap jerbahan Jerami padi, daun gamal dan urea mineral molases liquid. Skripsi, Fakultas peternakan Universitas Hasanuddin, Makassar.

Hidayat, C. Fanindi, A. Sopiyana, s Dan Komarudin. 2011.Peluang Pemanfaatan Tepung Azolla Sebagai Bahan Pakan Sumber Protein Untuk Ternak Ayam. Bogor: Seminar Nasional Teknologi Peternakan dan Veteriner.

Isnaini, R, HS. 2015. Pengaruh Penggunaan Pupuk Hijau Cair Azolla dan Kihujan Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Rumput Signal (Brachiaria Decumbens) Pada Lahan Marginal. Skripsi. Fakultas Peternakan. Universitas Hasanuddin. Makassar.

Kadir, Jumriani.2014. Pengaruh Pemberian Wafer Pakan Komplit Mengandung Berbagai Level Tongkol Jagung Terhadap Dinamika Nitrogen Pada Kambing Kacang Jantan. Skripsi. Fakultas Peternakan. Universitas hasanuddin. Makassar.

Karim, I, I. 2014.Kandungan Adf, Ndf, Selulosa, Hemiselulosa, Dan Lignin Silase Pakan Komplit Berbahan Dasar Jerami Padi Dan Beberapa Level Biomassa Murbei (Morus Alba). Skripsi. Fakultas Peternakan. Universitas Hasanuddin. Makassar.

Kusnandar, F. 2010. Kimia dan Komponen Pangan. PT. Dian Rakyat, Jakarta.

Novika, D. 2013. Degradasi Fraksi Serat (NDF, ADF, Selulosa dan Hemiselulosa) Ransum yang Menggunakan Daun Coklat secara In-vitro. Fakultas Peternakan. Universitas Andalas. Padang.

Rohaeni, Eni S. dan Noor A.. 2004. Profil Usaha Dan Kontribusi Ternak Sapi Dalam Sistem Usahatani Tanaman Pangan Di Lahan Kering (Studi Kasus Di Desa Sumber Mulia Kecamatan Pelaihari Tanah Laut). Jurnal Seminar Nasional Teknologi Peternakan dan Veteriner 2004 (Online). http://J:Pro05-32.pdf

Syamsu, J.A., L.A. Sofyan, K. Mudikdjo, E .G. Sa'id, dan E .B. Laconi . 2005. Analisis Potensi Limbah Tanaman Pangan sebagai Sumber Pakan Ternak Ruminansia di Sulawesi Selatan. Jurnal Ilmiah Ilmu-ilmu Peternakan. Vol 8 (4) : 291-301.

Published

25-12-2018

Issue

Section

Articles