KEUNTUNGAN USAHATANI MELALUI KEMITRAAN PETANI PADI DENGAN TOKO TANI DI DESA TAMBAKBOYO, KECAMATAN AMBARAWA, SEMARANG

Authors

  • Indri Wahyuningsih Universitas Kristen Satya Wacana
  • Tinjung Mary Prihtanti Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.31850/jgt.v8i1.411

Keywords:

padi, keuntungan, kemitraan, Cobb-Douglass, unit output price

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan keuntungan dan faktor-faktor yang mempengaruhi keuntungan usahatani padi dengan sistem kemitraan dan non kemitraan. Penentuan lokasi penelitian ini dengan sengaja (purposive). Penarikan sampel dilakukan secara probability sampling dengan metode simple random sampling. Model yang digunakan adalah fungsi keuntungan Cobb-Douglass dengan pendekatan unit output price. Hasil penelitian menunjukan keuntungan petani mitra adalah Rp 29.742.225 dan non mitra adalah Rp 26.124.976 dengan nilai signifikansi sebesar 0,049 < 0,05 pada T-test. Hasil ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara total keuntungan usahatani padi sistem mitra dengan sistem non mitra. Faktor-faktor yang mempengaruhi keuntungan petani mitra adalah upah pekerja, harga pestisida, pajak lahan dan alat pertanian. Faktor-faktor yang mempengaruhi keuntungan petani nonmitra adalah upah pekerja, harga benih, harga pupuk, harga pestisida dan pajak lahan.

Author Biographies

Indri Wahyuningsih, Universitas Kristen Satya Wacana

Program Studi Agribisnis, Fakultas Petanian dan Bisnis

Tinjung Mary Prihtanti, Universitas Kristen Satya Wacana

Program Studi Agribisnis, Fakultas Petanian dan Bisnis

References

Agustian. Adang. Srihartoyo. (2012). Penduga Elastisitas Penawaran Output dan Permintaan Input Usahatani Jagung. Jurnal Ekonomi Pembangunan, Volume 13(2)

Agustina Reni. (2018). Analisis Fungsi keuntungan Usahatani Jagung Di Kecamatan kumpeh. Universitas Jambi

Amanda Rizka, Rahmanto Ginting, dan Sinar Indra. (2013) Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Produksi dan Keuntungan Usahatani Padi. Jounal of agriculture and Agribisnis Socioeconomic Vol. 25 No.4

Cahyono. (2010). Analisis Keuntungan Petani Padi di Kecamatan Nogosari Kabupaten Boyolali. Skripsi Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Hafsah, M.J. (2003). Kemitraan Usaha. Pustaka Sinar Harapan, Jakarta.

Muzdalifah , Masyuri dan Suryanti A. (2012). Pendapatan dan Risiko Pendapatan Usaha Tani Padi Daerah Irigasi dan Non Irigasi di Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian. Vol. 1 (1).

Sugiyono. (2009). Analisis Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Bina Pustaka, Jakarta.

Suratiyah, Ken. (2006). Ilmu Usahatani. Penabur Swadaya. Jakarta.

Suwarto dan Sulistyowati, D. D. (2008).Pengaruh Generasi Bibit Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Ubi Jalar. IB. Bogor

Wenno, Decky. (2010). Analisis Pendapatan Petani Jagung Peserta Program PengembanganUsaha Agribisnis Pedesaan di Kabupaten Nabire. Jurnal Agroforestri, Vol 5 No.2. 156-1614

Published

26-04-2019

Issue

Section

Articles