Produk Olahan Ikan Bandeng Desa Tekolabbua Kecamatan Pangkajene Kabupaten Pangkep

Andi Tenri Abeng, Zulkifli Maulana

Sari


Tujuan kegitan PKM ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mitra dalam melaksanakan kegiatan produk olahan ikan bandeng di Desa Tekolabbua, Kecamatan  Pangkajene Kabupaten Pangkep.

Target khusus yang akan dicapai adalah sebagai berikut: (1) Menerapkan teknologi serta metode yang telah dihasilkan di kampus untuk diterapkan kepada masyarakat, (2) Memberikan dan meningkatkan partisipasi seluruh komponen masyarakat dalam melakukan usaha produk olahan ikan bandeng menjadi bandeng tanpa duri, bandeng presto, dan abon ikan bandeng, (3) Mitra memiliki keterampilan melakukan usaha produk olahan ikan bandeng menjadi bandeng tanpa duri, bandeng presto, dan abon ikan bandeng.

Metode yang dipakai dalam mencapai tujuan tersebut adalah: (1) Melakukan penyuluhan pengetahuan tentang produk olahan ikan bandeng menjadi bandeng tanpa duri, bandeng presto, dan abon ikan bandeng. Metode yang digunakan adalah metode ceramah, diskusi dan tanya jawab, (2) Melakukan pelatihan keterampilan membuat produk olahan ikan bandeng menjadi bandeng tanpa duri, bandeng presto, dan abon ikan bandeng. Metode yang digunakan adalah metode diskusi, tanya jawab, demonstrasi, peragaan dan latihan.

Rencana kegiatan yang akan dilaksanakan adalah (1) Melakukan penyuluhan tentang pengetahuan membuat produk olahan ikan bandeng menjadi bandeng tanpa duri, bandeng presto, dan abon ikan bandeng serta manajemen pemasaran, (2) Melakukan pelatihan keterampilan membuat produk olahan ikan bandeng menjadi bandeng tanpa duri, bandeng presto, dan abon ikan bandeng.

Hasil yang akan dicapai dalam pemberdayaan kelompok tani dalam usaha produk olahan ikan bandeng adalah terbentuknya kelompok tani yang mandiri untuk meningkatkan kualitas hidupnya yang lebih baik.


Kata Kunci


Kata Kunci: Ikan Bandeng, Ikan bandeng tanpa duri, Ikan bandeng presto, Abon ikan bandeng

Referensi


Abriana A, Yohannes E. 2017. Pengolahan Bandeng Presto dan Abon Ikan Bandeng di Kabupaten Maros. Jurnal Dinamika Pengabdian. Vol 3. No.1 (2017).

Adiputra YT, Chuang JL, Gwo JC. 2012. Genetic diversity of Indonesia milkfish (Chanos chanos) using amplified fragment length polymorphism (AFLP) analysis. African Journal of Biotechnology. 11(13): 3055-3060.t

Afrianto E, Evi L. 2011. Pengawetan Dan Pengolahan Ikan. Yogyakarta (ID): Kanisius.

Anonim. 2009. Modul Pelatihan Pengolahan Abon Ikan. Makassar: Penerbit Balai Industri.

Anonim.2010. Konsumsi Produk Perikanan di Sulawesi Selatan. Makassar: Penerbit Bappeda Provinsi Sulawesi Selatan.

Fatimah,Wardah, 2008. Peningkatan Mutu Produk Olahan Hasil Perikanan Di Sulawesi Selatan. Makassar: Penerbit Departemen Penelitian dan Perindustrian Badan Pengembangan Industri.

Hafiludin. 2015. Analisis kandungan gizi pada ikan bandeng yang berasal dari habitat yang berbeda. Jurnal Kelautan. 8(1): 37-43.

Ishak,Elly;H.PakasiK;S.Berhimpon,CH.Nanere L dan Soenaryanto. Pengolahan Hasil Perikanan. Ujung Pandang: Penerbit Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Negeri Indonesia Bagian Timur, 1985.

Nusantari E, Abdul A, Harmain RM. 2016. Ikan bandeng tanpa duri (Chanos chanos) sebagai peluang bisnis masyarakat Desa Mootinelo, Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo. Agrokreatif. 3(1): 78-87.

Oluwaniyi OO, Dosumu OO, Awolola GV. 2017. Effect of cooking method on the proximate, amino acid, and fatty acid compositions of Clarias gariepinus and Oreochromis niloticus. Journal of The Turkish Chemical Society. 4(1): 115-132.

Prasetyo DY, Darmanto YS, Swastawati F. 2015. Efek perbedaan suhu dan lama pengasapan terhadap kualitas ikan bandeng (Chanos chanos Forsk) cabut duri asap. Jurnal Aplikasi dan Teknologi Pangan. 4(3): 94-98.

Vatria B. 2010. Pengolahan Ikan Bandeng(Chanos chanos) Tanpa Duri. Jurnal IlmuPengetahuan dan Rekayasa. Januari 2010:18-23.

Vatria B. 2012. Pengolahan ikan bandeng (Chanos chanos) tanpa duri. Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Rekayasa. 18-22.

Saparinto C. 2009. Bandeng Tanpa Duri dan Cara Pengolahannya. Semarang (ID): Dahara Prize.

Saparinto C. 2007. Membuat Aneka Olahan Bandeng. Jakarta (ID): Penebar Swadaya.

Sihag MK, Sharma V, Goyal A, Arora S, Singh AK. 2015. Effect of domestic processing treatments on iron, β-carotene, phytic acid and polyphenols of pearl millet. Cogent Food and Agriculture. 1: 1-12.




DOI: http://dx.doi.org/10.31850/jdm.v3i1.512

Article Metrics

Sari view : 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Index by:

------------------------------------------------------------------------------

Creative Commons License

This Jurnal Dedikasi Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JDM diterbitkan oleh Pusat Pengembangan Publikasi dan Hak Kekayaan Intelektual Universitas Muhammadiyah Parepare

(P3HKI-UMPAR)

Kampus II, Jl. Jend. Ahamad Yani KM. 6 Parepare Sulawesi Selatan 91113

e-pos (surel): jdmumpar@gmail.com