PEMANFAATAN DAN KEBERLANJUTAN GOSSE SEBAGAI SUMBER PROTEIN UNTUK MENDUKUNG PEMELIHARAAN ITIK INTENSIF DI KABUPATEN PANGKEP

Authors

  • Harifuddin Harifuddin Jurusan Agribisnis Perikanan Politeknik Pertanian Negeri Pangkep
  • Ahmad Wadi Jurusan Budidaya Perikanan Politeknik Pertanian Negeri Pangkep
  • Andi Asdar Jaya Jurusan Budidaya Perikanan Politeknik Pertanian Negeri Pangkep
  • Muhammad Risal Jurusan Budidaya Perikanan STIPER Yapim Maros

DOI:

https://doi.org/10.31850/jgt.v4i3.114

Abstract

Usaha ternak itik intensif mengalami kendala dalam penyediaan sumber protein secara berkelanjutan.  Jika mengharapkan dari pakan buatan, maka keuntungan sangat sulit dicapai utamanya pada skala yang kecil.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan nutrisi dari gosse, jumlah produksi dan daya dukung terhadap ternak itik. Manfaat penelitian ini adalah  ditemukannya formulasi pakan yang berbasis sumber protein dari gosse yang dapat direkomendasikan untuk para peternak itik intensif. Metode pengambilan sampel menggunakan metode bujur sangkar Latin. Parameter yang diukur adalah nilai nutrisi gosse sebagai bahan baku pembuatan pakan ternak itik. Selanjutnya menyusun  formulasi  pakan  itik dengan target protein pakan minimal 18%. Daya dukung gosse yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber protein untuk ternak itik adalah 306 ekor ha-1.

References

Atmadja. 2003. Berternak Itik Hibrida Unggul. Penebar Swadaya. Bandung.

Dinas Peternakan. 2006. Statistik Peternakan 2005. Dinas Peternakan Provinsi Sulawesi Selatan.

Harifuddin. 2008. Sistim Pemeliharaan Ternak Itik Secara Berpindah-pindah di Kabupaten Sidenreng Rappang Sulawesi Selatan. Universitas Hasanuddin, Makassar.

Ife, J. dan Tesoriero, F. 2008. Community Development: Alternatif Pengembangan Masyarakat di Era Globalisasi. Diterjemahkan oeh S. Manullang, N. Yakin, M Nursahid dari Community-Based Alternatives in an Angel of Globalisation. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Iskandar. 2012. Beternak Itik dengan Pakan Lokal. Medan Bisnis.

Jennings, R. 2000. Participatory Development as New Paradigm: The Transition of Development Professionalism. Prepared for the ”Community Based Reintegration and Rehabilitation in Post-Conflict Settings” Conference Washington DC. (online www.worldbank.org /wbi/sourcebook Diunduh tgl 10 Maret 2009).

Reid, J.N. 2000. Community Participation: How People Power Brings Sustainable Benefits to Communities. USDA Rural Development.

Published

16-12-2015

Issue

Section

Articles