KAJIAN PERAN PEREMPUAN DALAM USAHATANI SAYURAN YANG BERLANDASKAN ZERO WASTE DI KECAMATAN BISSAPPU KABUPATEN BANTAENG

Authors

  • Asriyanti Syarif Program Studi Agribisnis Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Mutmainnah Zainuddin Program Studi Kehutanan Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31850/jgt.v6i2.232

Keywords:

perempuan tani, sayuran, zero waste.

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui peran wanita tani dalam  pengembangan  usahatani sayuran  dan pemanfaatan limbah pertanian, menganalisis curahan waktu kerja wanita tani dalam pengembangan usahatani sayuran, menganalisis pendapatan usahatani sayuran  dan kontribusinya  bagi peningkatan pendapatan keluarga, Selain itu mengetahui nilai tambah yang diperoleh perempuan tani dalam pengolahan limbah pertanian. Penelitian dilaksanakan di Kecamatan Bissapu Kabupaten Bantaeng, dengan sampel 30 orang perempuan tani yang melakukan usahatani sayuran dan melakukan pengolahan limbah pertanian. Pendapatan perempuan tani, curahan waktu, kontribusi perempuan tani dalam peningkatan pendapatan keluarga, dan nilai tambah dari pengolahan limbah pertanian sebagai salah satu konsep dalam zero waste. Hasil penelitian menunjukkan peran perempuan tani mengalami pergeseran dan meluas. Selain menjadi juru tani, bertindak dalam pengambilan keputusan, manajer usahatani serta mengelolah limbah pertanian yang memberikan nilai tambah. Curahan waktu yang dibutuhkan berkisar 2.5 jam/hari dengan melakukan pengolahan lahan, pemeliharaan, dan panen selama kurun waktu 2 bulan (1 musim tanam). Pendapatan usahatani sayuran Rp.244.483,97/bulan dan memberi kontribusi bagi pendapatan keluarga sebesar Rp. 7.03 %. Nilai tambah yang diperoleh dari pengolahan tongkol jagung yang merupakan limbah pertanian sebesar Rp. 7.000/kg,-dengan rasio nilai tambah 35 % untuk 1 kg tongkol jagung yang diolah menjadi media tanam.

Author Biographies

Asriyanti Syarif, Program Studi Agribisnis Universitas Muhammadiyah Makassar

Program Studi Agribisnis Universitas Muhammadiyah Makassar

Mutmainnah Zainuddin, Program Studi Kehutanan Universitas Muhammadiyah Makassar

Program Studi Kehutanan Universitas Muhammadiyah Makassar

References

Baroh, I. 2007. Analisis nilai tambah dan Distribusi Kripik Nangka Studi Kasus pada Agroindustri Kripik Nangka di Lumajang. LP UMM, Malang.

Elizabeth, R. (2015). Peran ganda wanita tani dalam mencapai ketahanan pangan rumah tangga di pedesaan. Iptek Tanaman Pangan, 3(1).

Indah, Widyarini., Dindy, Darmawati Putri., Akhmad, Rizkul, Karim. 2013. Peran wanita Tani dalam Pengembangan Usahatani sayuran organic dan Peningkatan Pendapatan Keluarga di Desa Melung Kecamatan Kedung Banteng. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Unsoed.

Komari, A. S. (2017). Sikap Ibu Rumah Tangga Terhadap Penerapan Program Zero Waste Lifestyle Di Kelurahan Sukaluyu Kota Bandung (Studi Deskriptif terhadap Anggota Yayasan Pengembangan Biosains dan Bioteknologi Bandung dilihat berdasarkan Status Sosial Ekonomi Berbeda). Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 9(2).

Komariyah. 2003. Profil Wanita Buruh Tani Dalam Usaha Meningkatkan Kesehatan, Desa Wonorejo, Kecamatan Srengat, Kabupaten Blitar. ITB. Bandung.

Mahdalia, A.,2008 Kontribusi Curahan Waktu Kerja Perempuan Terhadap Total Curahan Waktu Kerja Pada Usaha Peternakan Sapi Potong Di Pedesaan Makassar.

Pratiwi, Novia. 2007. Analisis Gender pada Rumahtangga Petani Monokultur Sayur Kasus Desa Segorogunung, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Diajukan sebagai skripsi pada Departemen Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, Fakultas Pertanian, IPB.

Ramli dan Intan Putri Anggraeni. 2012. Nilai Tambah Pengolahan Ikan Salai Patin. Jurnal Berkala Perikanan Terubuk Indonesia Volume 40. No. 2 tahun 2012. Berkala Perikanan terubuk Indonesia. Diakses 11 Maret 2016.

Soekartawi. 2006. Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian, Teori dan Aplikasi. Rajawali Pers, Jakarta.

Suratiyah, K.. 2011. Ilmu Usahatani. Penebar Swadaya, Jakarta.

Tanjung Mary Prihtanti dan Aryana. 2010. Dampak Multi Peran dan Pekerjaan Wanita Tani. Jurnal Arric Vol.22 No.1 Juli 2010.

Widodo, S., & Trunojoyo, J. A. F. P. U. (2009). Analisis peran perempuan dalam usahatani tembakau. Analysis of the role of women in the tobacco farming. Embryo, 6(2), 148-153.

Published

13-08-2017

Issue

Section

Articles