PENERAPAN FUNGSI MANAJEMEN PERENCANAAN PEMBENIHAN IKAN NILA (Oreochromis niloticus) UNTUK MENGHASILKAN BENIH IKAN YANG BERKUALITAS

Authors

  • Sumarni Sumarni Penyuluh Perikanan Kementrian Kelautan dan Perikanan Balai Riset Perikanan Budidaya Air Payau

DOI:

https://doi.org/10.31850/jgt.v7i3.391

Keywords:

ikan nila, fungsi manajemen, pemijahan, seleksi induk

Abstract

Pesatnya perkembangan budidaya ikan air tawar diperlukan upaya untuk meningkatkan produksi perikanan budidaya, khususnya pembesaran ikan. Maka diperlukan jaminan ketersediaan pasokan benih yang berkesinambungan, utamanya benih ikan nila. Olehnya itu, diperlukan adanya penerapan fungsi-fungsi manajemen pada pembenihan Ikan Nila (Oreochromis niloticus), untuk memberikan pasokan benih ikan yang berkualitas dan berkesinambungan. Metode penelitian meliputi observasi atau pengamatan langsung, wawancara, partisipasi aktif di lapangan, dan studi pustaka. Analisis dilakukan secara kualitatif dengan mendeskripsikan hasil penelitian. Produksi benih ikan merupakan seperangkat prosedur untuk menghasilkan benih ikan mulai dari perencanaan sampai dengan benih siap dipasarkan, sehingga perlu adanya kegiatan manajemen agar dapat mengarahkan dan mengatur kegiatan produksi memperoleh hasil maksimal dengan cara efektif dan efisien. Penerapan fungsi manajemen perencanaan pada pembenihan ikan nila (Oreochromis niloticus) meliputi perencanaan persiapan kolam pemeliharaan induk, proses pematangan gonad, survival rate/kelangsungan hidup, pemijahan, pemanenan larva, pendederan, dan panen. Selain itu fungsi pelaksanaan dan pengawasan meliputi: Seleksi induk ikan nila, pemberian pakan, pemijahan, pemenenan larva, pendederan, dan kegiatan pasca panen.

Author Biography

Sumarni Sumarni, Penyuluh Perikanan Kementrian Kelautan dan Perikanan Balai Riset Perikanan Budidaya Air Payau

Penyuluh Perikanan Kementrian Kelautan dan Perikanan

References

Adi, N. (2015). Pengaruh Pemberian Omega-3 dan Klorofil Dalam Pakan Terhadap Fekunditas dan Derajat Penetasan Benih Ikan Nila (Oreochromisniloticus). Journal of aquaculture Management and Technology, 4(4): 95 – 100.

Mokoginta, I. (2003). Budidaya Pakan Alami Air Tawar. Modul Daphnia sp.

Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan. Direktorat Jenderal

Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan

Nasional. Bidang Budidaya Ikan Program Keahlian BudidayaIkan

Air Tawar.

Pratiwi, W. (2013). Analisis Risiko Produksi Pembenihan Ikan Nila pada Anggota Kelompok Tani Bunisari di Desa Caringin Wetan Kecamatan Caringin Kabupaten Sukabumi. Skripsi. Institut Pertanian Bogor.

Rukmana R.H. (2006). Ikan Mas (Pembenihan dan Pembesaran). Aneka Ilmu. Semarang.

Sudarmaji, I., & Hasan, W. (2017). Strategi Pengembangan Keterkaitan Kebun Inti Plasma Dengan Kapasitas Pabrik Kelapa Sawit Pada Perkebunan PT. Kurnia Luwuk Sejati Banggai Sulawesi Tengah. Jurnal Galung Tropika, 6(1), 33 - 41.

Published

21-12-2018

Issue

Section

Articles