PENGARUH TEMPAT DEPOSISI SEMEN DENGAN METODE INSEMINASI BUATAN TERHADAP FERTILITAS TELUR AYAM BURAS

Authors

  • Nurhaeda Nurhaeda Jurusan Ilmu Peternakan Fakultas Pertanian, Peternakan, dan Perikanan UniversitasMuhammadiyahParepare

DOI:

https://doi.org/10.31850/jgt.v2i2.48

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tempat deposisi semen terhadap fertelitas telur ayam buras.  Penelitian ini dilaksanakan secara eksperimental sesuai pola rancangan acak lengkap (RAL) dengan 3 perlakuan dan 5 ulangan, perlakuan A1 = kawin alam, perlakuan A2 = IB intra vagina, perlakuan A3 = intra uterin.Hasil analisis ragam menunjukkan bahwa metode perkawinan Insemninasi Buatan (IB) tidak berpengaruh  nyata pada taraf <0,05terhadap fertelits telur ayam buras.  Hal ini menunjukkanmetode perkawinan yang diterapkandalam penelitian ini tidak berpengaruh nyata terhadap fertelitas telur ayam buras, tetapi secara empiris memperlihatkan bahwa dengan menerapkan IB intra vagina dan  IB intra uteri lebih tinggi dibandingkan dengan metode kawin alam.

References

Anonim. 1999. Inseminasi Buatan Pada Ayam Buras. Badan Penelitian dan Pengkajian Tekhnologi Pertanian DKI Jakarta

Michell,P.E. and R.B. Buekland. 1976. Fertility of Frozen Chicken Semen After Intravagina and Intraurine Insemination Using Various Concentrations and Equilibration Times of Dimethilsulfoxide and Range of Freeszing and Thawing rates. Poultry.

Nataamidjaya, A.G., A.Sutisna dan S.Rejeki, 2005 Kuantitas dan kualitas Semen Ayam kampung dan Arab yang mendapat Supplemen vitamin E(Afocopherol). Animal Prodzrction.

Sastrodihardjo, S. Dan S. Iskandar. 1997. Sistem Perkawinqan pada Ayam Buras. Materi Pembelajaran Pada Pelatihan Perunggasan atau Pembibitan Ayam Buras Bagi PPL, KCD Peternakan se Indonesia. Balitnak – BLPP Ciawi.

Sastrodihardjo, S. Dan H. Resnawati. 2002. Inseminasi Buatan Ayam Buras. Penebar Swadaya. Jakarta

Salisbury, G.W. and N.L Vandenmark. 19855. Fisiologi Reproduksi dan inseminasi Buatan pada Sapi. Gadjamada University Press. Yogyakarta

Saleh, DM dan Sugiyatno. 2006. Pengaruh Waktu Inseminasi Buatan Terhadap Fertilitas Ayam Petelur. Animal Production.

Published

28-02-2012

Issue

Section

Articles