PEMBERDAYAAN PETANI DALAM PENGGUNAAN AGENS HAYATI UNTUK PENGENDALIAN HAMA DAN PENYAKIT SAYUR DI KAB. ENREKANG

Penulis

  • Syatrawati Syatrawati Politeknik Pertanian Negeri Pangkep
  • Sitti Inderiati Politeknik Pertanian Negeri Pangkep

DOI:

https://doi.org/10.31850/jdm.v1i1.273

Kata Kunci:

pengendalian hayati, hama, penyakit, sayur

Abstrak

Penggunaan agens hayati sangat memungkinkan untuk diterapkan bagi petani sayur dataran tinggi karena mikroba antagonis mudah dikembangkan dengan media dari limbah pertanian, mudah diaplikasikan, dan biayanya jauh lebih murah dibandingkan dengan pestisida sintetik. Melalui program pemberdayaan masyarakat ini akan mengedukasi petani tentang pengembangan agens hayati dalam skala petani untuk mengurangi penggunaan pestisida sintetik. Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi petani sayur yang mandiri dalam pengendalian hama penyakit tanaman, meningkatkan keterampilan petani dalam produksi agens hayati, menerapkan teknologi produksi dan aplikasi agens hayati skala petani di pertanaman sayur. Metode pelaksanaan kegiatan ini adalah Penyuluhan, Pelatihan, Demonstrasi Pendampingan dan pembinaan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa petani sangat antusias belajar dan mempraktekan cara produksi dan aplikasi agens hayati dipertanaman sayuran. Petani telah dapat memperbanyak agens hayati dengan media kompos kemudian diaplikasikan langsung ke pertanaman.

Biografi Penulis

Syatrawati Syatrawati, Politeknik Pertanian Negeri Pangkep

Prodi Budidaya Tanaman Perkebunan

Sitti Inderiati, Politeknik Pertanian Negeri Pangkep

Politeknik Pertanian Negeri Pangkep

Referensi

Lehar L. 2012 .Pengujian Pupuk Organik Agen Hayati (Trichoderma sp) terhadap Pertumbuhan Kentang (Solanum tuberosum L). Jurnal Penelitian Pertanian Terapan Vol. 12 (2): 115-124 ISSN 1410-5020.

Soesanto L. 2017. Pengantar Pestisida hayati. PT Raja Grafindo Persada.Jakarta, 226 Hal.

Supriadi,2013.Optimalisasi pemanfaatan beragam jenis pestisida untuk mengendalikan hama dan penyakit tanaman.Jurnal litbang pertanian.Volume 32 No.1 Maret 2013 (1-9).

Unduhan

Diterbitkan

2017-09-13