PEMBERDAYAAN PENGRAJIN MEUBEL ROTAN DI DESA TONYAMAN KECAMATAN BINUANG KABUPATEN POLEWALI MANDAR PROPINSI SULAWESI BARAT

Penulis

  • Dahniar Dahniar Universitas Sulawesi Barat
  • Indayani Indayani Universitas Sulawesi Barat
  • Najmah Ali Universitas Sulawesi Barat

DOI:

https://doi.org/10.31850/jdm.v2i2.374

Kata Kunci:

desa, pemberdayaan, pengrajin meubel, rotan

Abstrak

Kerajinan rotan merupakan industri kreatif yang memanfaatkan bahan dasar dari rotan yang diolah menjadi barang furniture (perabot) seperti meja, kursi dan barang handicraft (anyaman), seperti tudung makanan, keranjang buah dan lain-lain. Desa Tonyaman Kecamatan Binuang memberikan kesempatan berusaha bagi setiap masyarakat untuk dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya dan berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan penghasilan yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Terdapat industri kerajinan meubel rotan di Desa Tonyaman yang dikelola oleh beberapa kelompok warga. Industri ini merupakan industri kecil yang dikelola secara tradisional dan turun temurun, dengan karakteristik tenaga kerja yang digunakan 3-5 orang yang sebagian besar merupakan anggota keluarga itu sendiri. Modal yang digunakan relatif kecil dan teknologi yang digunakan masih sederhana. Oleh karena itu, PKM ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi wirausaha mitra; meningkatkan pemahaman mitra tentang manajemen; meningkatkan kemampuan SDM dalam teknik produksi dan pemasaran; serta mengembangkan jejaring kewirausahaan mitra untuk menopang pengembangan ekonomi kreatif. Target yang dicapai dari kegiatan PKM ini adalah meningkatnya pengetahuan dan keterampilan kelompok pengrajin meubel rotan dalam kaitannya dengan nilai tambah produk, manajemen dan pemasaran; terbentuknya jaringan pemasaran yang lebih luas untuk produk rotan yang dihasilkan; dan meningkatnya pendapatan keluarga pengrajin rotan. Pendekatan-pendekatan yang ditawarkan untuk mencapai tujuan tersebut adalah melalui model pemberdayaan, yang meliputi beberapa tahapan antara lain persiapan, assessment, rencana aksi, implementasi, dan evaluasi.

Biografi Penulis

Dahniar Dahniar, Universitas Sulawesi Barat

Fakultas Pertanian dan Kehutanan Universitas Sulawesi Barat

Indayani Indayani, Universitas Sulawesi Barat

Fakultas Ekonomi Universitas Sulawesi Barat

Najmah Ali, Universitas Sulawesi Barat

Fakultas Peternakan dan Perikanan Universitas Sulawesi Barat

Referensi

Akib, M. A., Haniarti, H., & Nurjannah, D. (2017). Upaya Pendampingan Wanita Tani Dalam Pengembangan Produk Kunyit Organik di Kecamatan Bacukiki Kota Parepare. Jurnal Dedikasi Masyarakat, 1(1), 1-6.

Isbandi R. Adi. 2008. Pemberdayaan, Pengembangan Masyarakat dan Intervensi Komunitas. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Muhsin, M. (2018). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Pelatihan Pengembangan Modul di Madrasah Tsanawiyah Kabupaten Sigi Sulteng. Jurnal Dedikasi Masyarakat, 1(2), 79-89.

Nuwa, Putir, P,E, Pisi, B. 2017. Pendampingan Pengembangan Desain danPemasaran On-Line Produk Perajin Anyaman Rotan di Wilayah Kecamatan Jekan Raya. PengabdianMu, Vol 2, No 2 September 2017. Hal 98-103.

Probowati, B,D, Arkeman, Y. 2011. Analisis Rantai Pasokan Komoditas Rotan . Jurnal Embryo, Vol. 8 No.2.

Putra, T,D, Fatkhurrohman,Budiantono, B. Peningkatan Mutu produk Kerajinan Rotan Dengan Sentuhan teknologi Kota malang. Conference on Innovation and application of sciences and Technology. ISSN Cetak : 2622-1276.

Unduhan

Diterbitkan

2019-02-16