KERAJINAN TANGAN KERTAS KORAN BEKAS DALAM MENGURANGI LIMBAH ANORGANIK DI KELURAHAN MANDALA KECAMATAN MAMAJANG KOTA MAKASSAR

Arniati Muhe, Muryani Arsal, Andi Amran Asriadi

Sari


Keberadaan limbaah rumah tangga dalam hal ini sampah yang dihasiilkan akibat aktivitas manusiia, memiliki banyak dampak pada mannusia dan lingkungan sekitar. Jenis sampah yang dihasiilkan dari kegiatan rumah tangga seperti organik serta anorganiik. Limbah anorganik salah satu diiantaranya yaitu yang bersumber dari liimbah kertas koran. Sampah berbahan keertas koran yang dihasiilkan dari aktivitas rumah tanngga dapat di daur ulang untuk kearajiinan tangan di massyarakat. Sampah kertas koran saongat berpotensi untuk dijadikan bahan alteernatif untuk meningkatkan kebutuhan ekonomi terhadap ibu-ibu rumah tangga. Selanjutnya target khusus yang juga ingin diicapai dalam pengabdian ini adalah memberikan ilmu tentang pemanfaatan limbah anorganik kepadaa ibu-ibu rumah tangga khususnya yang berada di Kelurahan Mandala Kecamatan Mamajang Kota Makassar.

Selain pelatiihan keterampilan membuat kerajinan tangan, ibu-ibu rumah tangga tersebut diberikan pengetahuan tentang pengeelolaan manejemen usaha dan organisasi. Metode yang akan digunakan yakni pelatihan terbimbing, metode diskusi, ceramah, partiisipatif, dan latihan. Data yang akan digunakan berupa data ibu-ibu rumah tangga yang bertempat tinggal di Kelurahan Mandala Kecamatan Mamajang Kota Makassar dapat dihimpun dalam kelompok-kelompok pengrajin dan mampu mengola liimbah anorganik dari limbah rumah tangga dan liingkungan sekitar dan selanjutnya diberikan pelatiihan-pelatihan tentang keterampiilan membuat kerajinan tangan dari bahan kertas koran bekas. Berdasarkan pengamatan bahwa, secara substansii masyarakat Kelurahan Mandala Kecamatan Mamajang banyak yang belum memanfaatkan limbah anorganik (kertas koran) untuk diolah menjadi kerajinaan tangan seperti tempat tissue, nampan dan aksesoris lainnya.

Melalui pelatihan keterampilan ini ibu-ibu rumah tangga mempunyai pengetahuuan mengenai peluang usaha yang dapat tercipta melalui kreatiifitas dan keterampilan tersebut agar tingkat ekonomi ibu-ibu rumah tangga Kelurahan Mandala menjadi lebih tinggi. Pelatihan keterampilan dilaksanakan melalui beberapa tahap yaitu dengan pemberian materi serta pengetahuan, Nantinya peserta akan dibimbing untuk dapat berkreasi/terampil membuat berbagai kerajinan tangan. Kemudian hasil kerajinan tangan akan di jual ke passar atau toko oleh ibu-ibu rumah tangga.


Kata Kunci


Kerajinan Tangan, Kertas Koran, Limbah Anorganik

Referensi


Ida Yuliati. 2011. Aksesori dari Kertas: Memanfaatkan Kertas Menjadi Berbagai

Macam Aksesori Cantik. Surabaya: Tiara Aksa.

Ishak, Awang Faroek, (2003). Paradigma Limbah Rumah Tangga dan Pemberdayaan Masyarakat Lokal. Indomedia, Jakarta.

Adi Isbandi Rukmito. 2012. Intervensi Komunitas & pengembangan masyarakat Sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada




DOI: http://dx.doi.org/10.31850/jdm.v3i2.538

Article Metrics

Sari view : 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Index by:

------------------------------------------------------------------------------

Creative Commons License

This Jurnal Dedikasi Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JDM diterbitkan oleh Pusat Pengembangan Publikasi dan Hak Kekayaan Intelektual Universitas Muhammadiyah Parepare

(P3HKI-UMPAR)

Kampus II, Jl. Jend. Ahamad Yani KM. 6 Parepare Sulawesi Selatan 91113

e-pos (surel): jdmumpar@gmail.com