Penyerahan

Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk Jurnal Dedikasi Masyarakat?
Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

 

Petunjuk Penulis

PEDOMAN SINGKAT PENULISAN

JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

JURNAL DEDIKASI MASYARAKAT

 

Pendahuluan

Jurnal Dedikasi Masyarakat (JDM), dengan nomor ISSN: 2598-7984 (media cetak), ISSN: 2598-8018 (media online) adalah jurnal pengabdian masyarakat yang diterbitkan oleh P3HKI Universitas Muhammadiyah Parepare. Jurnal ini bersifat  nasional yang mencakup masalah umum atau masalah yang berkaitan dengan kegiatan pengabdian masyarakat. Tujuan publikasi jurnal ini adalah untuk menyebarluaskan pemikiran konseptual atau gagasan dan hasil kegiatan pengabdian masyarakat yang telah dicapai di bidang pelayanan masyarakat.

Online Jurnal Dedikasi Masyarakat (JDM) tersedia sejak 1 Oktober 2017 atau sejak dipublikasikannya Volume 1, Nomor 1, Tahun 2017. Jurnal ini sudah terindeks di Google Scholar. Jurnal Dedikasi Masyarakat (JDM) mengundang Anda mengirimkan manuskrip Anda untuk dipublikasikan di jurnal ini. Contoh format penulisan artikel tersedia dalam template jurnal.

Persyaratan Umum

Naskah merupakan tulisan asli mengenai hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat tersebut meliputi implementasi hasil penelitian, aplikasi teknologi tepat guna, diseminasi inovasi, dan pengembangan model pemberdayaan masyarakat yang dapat berupa hasil program magang, KKN, penyuluhan, dan/atau praktikum. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia dan belum pernah dimuat di dalam jurnal ilmiah nasional maupun internasional. Naskah harus mengikuti format yang ditentukan dalam Jurnal Dedikiasi Masyarakat.

Fokus dan Ruang Lingkup

Naskah yang dapat diterima berhubungan dengan semua bidang ilmu dan merupakan hasil pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat.

Format Penulisan

Naskah diketik 1,5 spasi kecuali abstrak diketik 1 spasi pada kertas HVS ukuran A4 dengan marjin 2 cm dan huruf bertipe Arial berukuran 11 point. Setiap halaman diberi nomor secara berurutan. Gambar dan Tabel dibuat pada lembaran terpisah dan dikelompokkan bersama di bagian akhir naskah.

  1. Judul, ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris, judul artikel harus spesifik dan efektif (maksimal 15 kata). Judul artikel harus ditulis di bagian atas halaman pertama dan ditulis dibagian tengah (center text alignment).
  2. Nama Lengkap Penulis, Nama penulis ditulis lengkap tanpa gelar, dilengkapi dengan nomor telepon/handphone, e-mail, lembaga/instansi asal. Jika penulis terdiri dari dua atau lebih maka nama penulis harus ditulis secara terpisah dengan koma (,), setiap penulis harus dilengkapi dengan identitas masing-masing (telepon/handphone, e-mail, instansi asal). Ditulis dibagian tengah di bawah judul artikel. Jarak antara judul dan nama penulis 2 Spasi. Kemudian, jarak antara alamat afiliasi penulis dan abstrak satu spasi.
  3. Abstrak, ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris dalam paragraf yang berbeda, masing-masing tidak kurang dari 100 kata dan tidak lebih dari 250 kata.
  4. Kata Kunci (Keywords), ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris terdiri atas tiga sampai lima kata yang diletakkan di bawah masing-masing abstrak dan kata kunci dituliskan menurut abjad. Dipisahkan menggunakan titik koma. Untuk lebih lanjut, lihat template jurnal.
  5. Pendahuluan, berisi latar belakang kegiatan yang dilaukan dengan kalimat yang singkat, padat dan jelas. Pada pendahuluan sudah disertakan analisis situasi dan tujuan kegiatan yang ditulis pada akhir bab.
  6. Metode Pelaksanaan, berisi lokasi dan partisipasi kegiatan, bahan dan alat, metode penyelesaian masalah, metode pendekatan/pelaksanaan kegiatan yang diterapkan, permasalahan mitra yang akan diselesaikan. Jika merupakan penerapan teknologi industri maka diuraikan konsep dan komponen program dalam pelaksanaan kegiatan.
  7. Hasil dan Pembahasan, disajikan dalam bentuk teks, Tabel maupun Gambar. Hasil dan pembahasan berisi pelaksanaan kegiatan, kendala yang dihadapi, dampak, dan upaya keberlanjutan kegiatan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini harus didukung oleh data yang cukup dan valid.
  8. Kesimpulan, memuat makna hasil kegiatan dan jawaban atas tujuan kegiatan serta saran atau rekomendasi kebijakan untuk keberlanjutan program. Kesimpulan tidak boleh berisi pengulangan kalimat yang disajikan dalam temuan dan pembahasan. Bagian ini  harus menjadi ringkasan dari hasil pelaksanaan pengabdian sebagaimana yang diharapkan penulis dalam tujuan pelaksanaan pengabdian. Saran yang disajikan pada bagian ini berisi saran yang terkait dengan gagasan untuk pelaksanaan pengabdian di masa mendatang.
  9. Ucapan Terima Kasih (bila diperlukan), dapat digunakan untuk menyebutkan sponsor atau sumber dana kegiatan dan memberikan penghargaan kepada beberapa instansi yang dianggap membantu dalam pelaksanaan kegiatan.
  10. Daftar Pustaka, disesuaikan dengan yang diacu dalam tubuh tulisan dan diutamakan menggunakan pustaka primer, disusun berdasarkan abjad, serta pustaka terbarukan minimal 10 tahun terakhir. Manuskrip yang diterima mengutip minimal 10 artikel rujukan. Semua data atau kutipan dalam artikel yang bersumber dari artikel penulis lainnya harus dilampirkan dalam referensi. Penulis disarankan untuk menggunakan aplikasi manajemen referensi seperti Mendeley, End Note, atau Zotero. Format penulisan yang digunakan dalam Jurnal Dedikasi Masyarakat (JDM) mengikuti format yang diterapkan oleh APA 6th Edition (American Psychological Association).
  11. Gambar dan Tabel, dibuat dalam lembar terpisah dan disebutkan dalam tubuh tulisan.

 

Petunjuk Untuk Penulis

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Penyerahan belum diterbitkan sebelumnya, atau sedang dalam pertimbangan jurnal lain (atau sebuah penjelasan belum disediakan dalam komentar kepada editor).
  2. File naskah dalam format file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect.
  3. Ketika tersedia, URLs untuk referensi telah disediakan.
  4. Semua ilustrasi, figur, dan tabel yang ditempatkan di dalam teks pada poin yang tepat, jangan di akhir.
  5. Teks yang mematuhi persyaratan mengenai perpustakaan dan gaya bahasa digambarkan secara garis besar di Petunjuk Penulis, yang akan ditemukan dalam halaman Tentang Kami.
  6. Jika penerimaan untuk bagian peer-review dari jurnal, instruksinya terdapat di Memastikan Reviewer Anonim telah diikuti.
  7. Tipo style sudah disesuaikan dengan mengikuti format yang diterapkan oleh APA 6th Edition (American Psychological Association).
 

Pemberitahuan Hak Cipta

Penulis yang menerbitkan jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:

  1. Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak jurnal tentang publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain membagikan karya tersebut dengan pengakuan akan kepengarangan dan publikasi awal karya dalam jurnal ini.
  2. Penulis diijinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya di gudang institusional atau di situs mereka) sebelum dan selama proses penyampaian, karena hal itu dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, dan juga kutipan penelitian yang lebih awal dan lebih besar Lihat Pengaruh Akses Terbuka).

 

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.