PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI PELATIHAN PENGEMBANGAN MODUL DI MADRASAH TSANAWIYAH KABUPATEN SIGI SULTENG

Muhsin Muhsin

Sari


Pengabdian masyarakat ini dilakukan setelah melakukan analisis lapangan bahwa guru-guru membutuhkan media dan modul di sekolah tingkat madrasah (MTs) di Kabupaten Sigi. Desain pengabdian ini adalah skim Ipteks bagi Masyarakat (IbM). Tujuan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kualitas pengajaran Bahasa Inggris melalui media dan modul strategi dengan pembimbingan melalui pelatihan dan lokakarya (training and workshop). Fokus dalam pengabdian ini adalah desain dan mengembangkan multimedia berbasis IT dan mentransfer pengetahuan dan keterampilan dalam penggunaan media instruksional di dalam kelas. Metode pendekatan yang dilakukan untuk mencapai tujuan dan target adalah metode pendekatan kelompok yang dilaksanakan dalam lokakarya dengan bentuk demontrasi/praktikum, pembimbingan, pendampingan, dan partisipasi. Hasil yang diperoleh yaitu: pertama, meningkatnya kualitas pengajaran dan pembelajaran Bahasa Inggris di MTs Kabupaten Sigi. Kedua, tersedianya media yang digunakan langsung dalam kegiatan belajar mengajar di kelas yaitu Flash Cards dan Leaflet. Ketiga, tersedianya produk modul strategi bagaimana membuat media sederhana yang dapat digunakan dalam pengajaran Bahasa Inggris di kelas. Hasil menunjukkan penggunaan media yang efektif mencapai 87% dari total partisipan yang aktif dan terlibat dalam kegiatan belajar mengajar Bahasa Inggris dengan menggunakan flash cards dan Leaflet. Output pengabdian ini telah tercapai sesuai dengan target yang dinyatakan dalam kegiatan workshop yaitu mendesain dan mengembangkan media sederhana, seperti flash card dan leaflet sebagai media instruksional dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Selain itu, kemampuan dan keterampilan guru meningkat dalam menggunakan media pengajaran yang membantu tercapainya kesuksesan pembelajaran Bahasa Inggris.

Kata Kunci


peningkatan; kualitas; pembelajaran; pelatihan; modul strategi

Teks Lengkap:

ABSTRAK

Referensi


Brown, H. D. 2002. Strategies for Success: A Practical Guide to Learning English. Des Moines, Iowa: Addison Wesley Longman, Inc., a Pearson Education Company, Order Processing Center, PO box 11071, Des Moines, IA 50336.

DEPDIKNAS. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indoensia Nomor 44 Tahun 2014. Jakarta: DEPDIKNASI R.I.

Kebudayaan, K. P. 2012. Dokumen Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Lestari, I. Y. 2012. Upaya Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Anak melalui Media Kartu Gambar (Flashcard) pada Kelompok B di RA Barokah Klodran Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Surakarta: (disertasi tidak dipublikasikan), Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Muzzaki, M. S., Antonius, T. W., & Raharjo, T. J. 2012. Keefektifan Pembelajaran Bahasa Inggris Berbantuan Flashcard untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Inovative Journal of Curiculum and Educational Technology, 1(2).

Nuh, M. 2013. (Februari 22). Kurikulum 2013. Retrieved April 29, 2013, from KEMENDIKNAS R.I: http://www.kemdiknas.go.id.

Rofiq, M. A. 2012. Penggunaan Media Flashcard untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Kelas IV MI TPI Tambakrejo Gurah Kediri. Malang: library.um.ac.id.

Sadiman, A. S., Rahardjo, R., & Haryono, A. 2008. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. In Media Pendidikan (pp. 6-8). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sari, L. K., & Sasongko, D. 2013. Media Pembelajaran Interaktif Bahasa Inggris untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas II. In Seruni-Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer (p. 2(1)). Bandung: SERUNI Press.

Sari, M. Z. 2012. Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Flashcard untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas 2 SDN 3 Mulyasari Desa Mulyasari Kecamatan Jatinagara Kabupaten Ciamis). Cirebon: (disertasi tidak dipublikasikan), IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Soenarto, S. 2005. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Matakuliah. Inotek: Jurnal Inovasi dan Aplikasi Teknologi, 9(1).

Susilana, R., Si, M., & Riyana, C. 2008. Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV. Wacana Prima.

Wardani, K. Y., Koyan, I. W., & Wirya, I. N. 2013. Penerapan Metode Bilingual Berbantuan Media Flashcard untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris Anak Kelompok B2 di TK Saiwa Dharma Singaraja. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 1(1).

Yulianti, F. 2012. Teaching English Vocabulary to Elementary School-Aged Children through a Modified Hop-Scotch Game Named Portek (Portable Engklek). English Education Journal, 2(2).


Article Metrics

Sari view : 4 times
ABSTRAK - 1 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


------------------------------------------------------------------------------

Creative Commons License

This Jurnal Dedikasi Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JDM diterbitkan oleh Pusat Pengembangan Publikasi dan Hak Kekayaan Intelektual Universitas Muhammadiyah Parepare

(P3HKI-UMPAR)

Kampus II, Jl. Jend. Ahamad Yani KM. 6 Parepare Sulawesi Selatan 91113

e-pos (surel): jdmumpar@gmail.com