PELATIHAN PENCEGAHAN PENULARAN TB BAGI KADER KESEHATAN DI KECAMATAN SIMBANG KABUPATEN MAROS

Suarnianti Suarnianti

Sari


Tuberkulosis (TB) merupakan masalah kesehatan masyarakat di dunia, terutama di negara-negara berkembang termasuk Indonesia, begitupun di Kabupaten Maros. Jumlah kasus yang masih sangat tinggi tidak berbanding dengan angka penemuan kasus dan angka keberhasilan pengobatan penderita yang masih rendah. Cara pencegahan yang dapat dilakukan untuk menghadapi persentase penemuan kasus TB yang masih rendah serta angka kesembuhan yang juga masih rendah adalah dengan memberikan pelatihan kepada kader kesehatan guna mencegah penularan TB. Salah satu solusi yang dapat diberikan adalah dengan memberikan pemahaman dan pelatihan kepada kader kesehatan untuk mencegah penularan TB, serta agar kiranya dapat ditemukan kasus yang tidak terdeteksi sebelumnya. Metode yang dilakukan adalah penyuluhan dan pelatihan yang bertujuan untuk menambah pengetahuan dan pemahaman tentang pencegahan penularan TB bagi kader kesehatan. Hasil pelaksanaan pengabdian masyarakat ini yaitu adanya peningkatan pengetahuan dan pemahaman kader kesehatan tentang penyakit TB, yang kemudian dapat mencegah penularan TB karena kader dapat berperan sebagai penyuluh, membantu menemukan penderita secara dini, merujuk penderita dan sekaligus pengawas bagi penderita TB secara langsung.

Kata Kunci


tuberkulosis; pencegahan penularan; kader kesehatan

Teks Lengkap:

ARTICLE

Referensi


Dinkes Sulsel. 2015. Profil Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan 2014. Makassar: Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan.

Dinkes Kab. Maros. 2014. Profil Kesehatan Kabupaten Maros 2013. Maros: Dinas Kesehatan Kabupaten Maros.

Dinkes Kab. Maros. 2017. Profil Kesehatan Kabupaten Maros Tahun 2016. Makassar: Dinas Kesehatan Kabupaten Maros.

Notoatmojdo, S. 2007. Kesehatan Masyarakat, Ilmu dan Seni. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Notoatmojdo, S. 2014. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Saputro M.N. 2009. Hubungan pengetahuan dan sikap kader kesehatan dengan praktek penemuan suspect penderita TB paru di Puskesmas Plupuh 1 Kabupaten Sragen Propinsi Jawa Tengah. Jurnal Magister Kedokteran Keluarga, Vol. 1, No. 1.

Trisnawati, A. G & Faizah B. R. 2008. Pelatihan Peningkatan Kemampuan Kader Kesehatan Dalam Penanganan Tuberkulosis (TBC) Di Wilayah Kerja Puskesmas Gemolong II Sragen. WARTA, Vol. 11 No.2, pp: 150-158.

Wahyudi E. 2010. Hubungan pengetahuan sikap dan motivasi kader dengan penemuan suspek tuberculosis paru di Puskesmas Sanankulon. Tesis. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

WHO. 2015. Global Tuberculosis Report 2014. Geneva: World Health Organization.

Wijaya, I. M. K., dkk. 2013. Hubungan Pengetahuan, Sikap dan Motivasi Kader Kesehatan Dengan Aktivitasnya Dalam Pengendalian Kasus Tuberkulosis Di Kabupaten Buleleng. Jurnal Magister Kedokteran Keluarga, Vol. 1, No. 1, pp: 38-48.


Article Metrics

Sari view : 12 times
ARTICLE - 17 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Index by:

------------------------------------------------------------------------------

Creative Commons License

This Jurnal Dedikasi Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JDM diterbitkan oleh Pusat Pengembangan Publikasi dan Hak Kekayaan Intelektual Universitas Muhammadiyah Parepare

(P3HKI-UMPAR)

Kampus II, Jl. Jend. Ahamad Yani KM. 6 Parepare Sulawesi Selatan 91113

e-pos (surel): jdmumpar@gmail.com