PEMBERDAYAAN IBU-IBU PKK MELALUI SOCIAL PRENEUR SEBAGAI UPAYA DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI DESA PETTALANDUNG

Rahmad Solling Hamid, Suhardi M. Anwar, Rahmatia Rahmatia, Muhammad Ikbal

Sari


Tujuan pengabdian ini adalah membantu menyelesaikan permasalahan yang ada pada mitra yaitu Ibu Ibu PKK dan Kelompok BUMDES Desa Pettalandung Kecamatan Malangke Kabupaten Luwu Utara, dalam kaitannya dengan beberapa keterampilan usaha serta memanfaatkan media teknologi internet salah satunya pembuatan blog sebagai wadah promosi dan informasi terkait dengan kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat di Desa Pettalandung Kecamatan Malangke Kabupaten Luwu Utara. Permasalahan yang dialami oleh ibu-ibu PKK dan BUMDES adalah rendahnya pengetahuan dan minimnya kegiatan social preneurship di Desa Pettalandung Kecamatan Malangke Kabupaten Luwu Utara, serta masih rendahnya kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Solusi yang ditawarkan dalam kegiatan ini adalah memberikan kegiatan pelatihan socialpreneurship yang berfokus pada pemanfaatan potensi local menjadi produk yang bernilai lebih (ekonomis) seperti pelatihan pembuatan keripik pisang tanduk dan sagu aneka rasa, pelatihan pembuatan bedda lotong, pelatihan dan pengelolaan media informasi promosi potensi desa yaitu pembuatan blog, serta pelatihan pembuatan mesin kabut sarang walet untuk BUMDES. Tolak ukur keberhasilan kegiatan ini adalah terbentuknya kelompok atau pribadi yang memiliki jiwa sosialpreneurship dimana melalui rangkaian pelatihan dihasilkan beberapa produk seperti keripik pisang tandung dan dagu aneka rasa, bedda lotong, mesin kabut sarang walet, dan media informasi dan promosi mengenai kegiatan pelatihan dan potensi desa yaitu blog resmi desa pettalandung kecamatan malangke kabupaten luwu utara.

Kata Kunci


pemberdayaan; PKK, kesejahteraan, socialpreneur

Teks Lengkap:

ARTICLE

Referensi


Deaton, Angus. 2003. Measuring poverty. Research Program Development Studies, Princeton University, January 2003 di internet pada http://www.wws.princenton.edu/rpds/downloads/deaton_povertymeasured.pdf.

Esmara, Hendra. 1986. Perencanaan dan Pembangunan Indonesia. PT. Gramedia: Jakarta.

Hamid, Rahmad Solling, and Muhammad Ikbal. 2017. “Pemberdayaan Pemuda Melalui Program Remaja Pintar Berbasis Ekonomi Kreatif Desa Lera Kecamatan Wotu Kabupaten Luwu Timur.” RESONA Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat 1(1).

Thobias, Erwin, et all (2013), Pengaruh modal sosial terhadap perilaku kewirausanaan; Suatu studi pada pelaku usaha mikro kecil menengah di Kecamatan Kabaruan Kabupaten Kepulauan Talaud, Jurnal Acta Diurna, edisi April 2013.

Tjokrowinoto, Moeljarto. 1994. Politik Pembangunan, Sebuah Analisis Konsep, Arah dan Strategi. Tiara Wacana: Yogyakarta.


Article Metrics

Sari view : 21 times
ARTICLE - 2 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Index by:

------------------------------------------------------------------------------

Creative Commons License

This Jurnal Dedikasi Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JDM diterbitkan oleh Pusat Pengembangan Publikasi dan Hak Kekayaan Intelektual Universitas Muhammadiyah Parepare

(P3HKI-UMPAR)

Kampus II, Jl. Jend. Ahamad Yani KM. 6 Parepare Sulawesi Selatan 91113

e-pos (surel): jdmumpar@gmail.com