PEMBERDAYAAN MASYARAKAT NELAYAN MELALUI PENGOLAHAN IKAN UNTUK MENDUKUNG PROGRAM MP3 PEMERINTAH KABUPATEN MAJENE

Dahlia Dahlia, Nuraeni Nuraeni, Hadijah Hadijah

Sari


Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah menerapkan pemahaman dan keterampilan masyarakat nelayan dalam pengelolaan ikan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat nelayan, serta menerapkan pengetahuan mengenai manajemen pengelolaan keuangan dan akuntansi termasuk penyusunan laporan keuangan sederhana. Hasil yang telah didapatkan selama pelaksanaan KKN-PPM yaitu adanya pengetahuan masyarakat mengenai pengolahan ikan alternatif dengan produknya yaitu berupa Nugget Ikan dan Kerupuk Ikan yang kemasannya didesain sendiri, dan disusunnya laporan keuangan sederhana untuk mitra. Kegiatan ini sebagai wujud untuk mendukung visi misi Pemerintah Kabupaten Majene yaitu Professional, Produktif, Proaktif (MP3) melalui penguatan dan peningkatan perekonomian kerakyatan dengan optimalisasi dari potensi daerah utamanya sektor Perikanan Kelautan.

Kata Kunci


akuntansi; ikan; kerupuk; nugget

Teks Lengkap:

ABSTRAK

Referensi


Asrawaty, A. (2018). Perbandingan Berbagai Bahan Pengikat Dan Jenis Ikan Terhadap Mutu Fish Nugget. Jurnal Galung Tropika, 7(1), 33-45.

Hidajat, T. (2016). Literasi Keuangan. STIE Bank BPD Jateng.

Kaihatu, Thomas. (2014). Manajemen Pengemasan. Andi : Yogyakarta.

Kantun, W., Mallawa, A., & Rapi, N. L. (2014). Struktur Ukuran Dan Jumlah Tangkapan Tuna Madidihang Menurut Waktu Penangkapan Dan Kedalaman Di Perairan Majene Selat Makassar. Saintek Perikanan: Indonesian Journal of Fisheries Science and Technology, 9(2), 39-48.

Kieso. (2015). Principle Accounting. Wiley : USA.

Maghfiroh, I. (2000). Pengaruh Penambahan Bahan Pengikat Terhadap Karaktristik Nugget dari Ikan Patin (Pangasius hypothalamus). Skripsi, Program Studi Teknologi Hasil Perikanan, Fakultas Perikanan, Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Pura, Rahman. (2013). Pengantar Akuntansi 1 Pendekatan Siklus Akuntansi. Erlangga : Jakarta.

Siregar, Baldric. (2016). Akuntansi Biaya edisi 2. Salemba Empat: Jakarta.

Suharto, Christine Cenadi. (2000). Peranan Desain Kemasan Dalam Dunia Pemasaran. Jurnal Desain Komunikasi Visual. Vol 2(2).

Trisnaningsih, Desti. (2014). Kadar Protein dan Betakaroten Bakso Ikan Tuna Yang Diperkaya Jamur Merang (Volvariella volvaceae) dan Umbi Wortel. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Usdyana, N. F., Ahmad, I., & Yusuf, M. (2018). Diversifikasi Jamur Tiram Sebagai Pangan Lokal Pada Kelompok Wanita Tani Di Kecamatan Malua Kabupaten Enrekang. Jurnal Dedikasi Masyarakat, 1(2), 59-68.

Yusuf, M., Rosalin, R., & Usdyana, N. F. (2018). Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani Melalui Diversifikasi Pangan Di Kecamatan Buntu Batu Kabupaten Enrekang. Jurnal Dedikasi Masyarakat, 1(2), 98-108.




DOI: http://dx.doi.org/10.31850/jdm.v2i2.378

Article Metrics

Sari view : 13 times
ABSTRAK - 4 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Index by:

------------------------------------------------------------------------------

Creative Commons License

This Jurnal Dedikasi Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JDM diterbitkan oleh Pusat Pengembangan Publikasi dan Hak Kekayaan Intelektual Universitas Muhammadiyah Parepare

(P3HKI-UMPAR)

Kampus II, Jl. Jend. Ahamad Yani KM. 6 Parepare Sulawesi Selatan 91113

e-pos (surel): jdmumpar@gmail.com