KAJIAN PERAN PEREMPUAN DALAM USAHATANI SAYURAN YANG BERLANDASKAN ZERO WASTE DI KECAMATAN BISSAPPU KABUPATEN BANTAENG

Asriyanti Syarif, Mutmainnah Zainuddin

Abstract


Penelitian ini untuk mengetahui peran wanita tani dalam  pengembangan  usahatani sayuran  dan pemanfaatan limbah pertanian, menganalisis curahan waktu kerja wanita tani dalam pengembangan usahatani sayuran, menganalisis pendapatan usahatani sayuran  dan kontribusinya  bagi peningkatan pendapatan keluarga, Selain itu mengetahui nilai tambah yang diperoleh perempuan tani dalam pengolahan limbah pertanian. Penelitian dilaksanakan di Kecamatan Bissapu Kabupaten Bantaeng, dengan sampel 30 orang perempuan tani yang melakukan usahatani sayuran dan melakukan pengolahan limbah pertanian. Pendapatan perempuan tani, curahan waktu, kontribusi perempuan tani dalam peningkatan pendapatan keluarga, dan nilai tambah dari pengolahan limbah pertanian sebagai salah satu konsep dalam zero waste. Hasil penelitian menunjukkan peran perempuan tani mengalami pergeseran dan meluas. Selain menjadi juru tani, bertindak dalam pengambilan keputusan, manajer usahatani serta mengelolah limbah pertanian yang memberikan nilai tambah. Curahan waktu yang dibutuhkan berkisar 2.5 jam/hari dengan melakukan pengolahan lahan, pemeliharaan, dan panen selama kurun waktu 2 bulan (1 musim tanam). Pendapatan usahatani sayuran Rp.244.483,97/bulan dan memberi kontribusi bagi pendapatan keluarga sebesar Rp. 7.03 %. Nilai tambah yang diperoleh dari pengolahan tongkol jagung yang merupakan limbah pertanian sebesar Rp. 7.000/kg,-dengan rasio nilai tambah 35 % untuk 1 kg tongkol jagung yang diolah menjadi media tanam.

Keywords


perempuan tani; sayuran; zero waste.

References


Baroh, I. 2007. Analisis nilai tambah dan Distribusi Kripik Nangka Studi Kasus pada Agroindustri Kripik Nangka di Lumajang. LP UMM, Malang.

Faisal. 2012. Sektor Pertanian Serap Tenaga Kerja Terbesar. http://poskota.co.id/berita-terkini/2010/11/30/sektor-pertanian-serap-tenaga-kerja-terbesar (online).diakses 15 Oktober 2015.

Indah, Widyarini., Dindy, Darmawati Putri., Akhmad, Rizkul,Karim. 2013. Peran wanita Tani dalam Pengembangan Usahatani sayuran organic dan Peningkatan Pendapatan Keluarga di Desa Melung Kecamatan Kedung Banteng. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Unsoed.

Suratiyah, K.. 2011. Ilmu Usahatani. Penebar Swadaya, Jakarta.

Miarsih. 2008. Sumbangan Pendapatan Perempuan Pemetik Melati Gambir terhadap pendapatan rumah tangga petani di Kecamatan Rakit Kabupaten Banjarnegara. Skripsi, Fakultas Pertanian, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto.

Pratiwi, Novia. 2007. Analisis Gender pada Rumahtangga Petani Monokultur Sayur Kasus Desa Segorogunung, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Diajukan sebagai skripsi pada Departemen Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, Fakultas Pertanian, IPB.

Ramli dan Intan Putri Anggraeni. 2012. Nilai Tambah Pengolahan Ikan Salai Patin. Jurnal Berkala Perikanan Terubuk Indonesia Volume 40. No. 2 tahun 2012. Berkala Perikanan terubuk Indonesia. Diakses 11 Maret 2016.

Soekartawi. 2006. Prinsip Dasar Ekonomi Pertanian, Teori dan Aplikasi. Rajawali Pers, Jakarta.

Tanjung Mary Prihtanti dan Aryana. 2010. Dampak Multi Peran dan Pekerjaan Wanita Tani. Jurnal Arric Vol.22 No.1 Juli 2010.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ABSTRACTING & INDEXING

       

------------------------------------------------------------------------------

Creative Commons License
This Jurnal Galung Tropika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.