Penyerahan

Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk Economos : Jurnal Ekonomi dan Bisnis?
Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

 

Petunjuk Penulis

PEDOMAN SINGKAT PENULISAN

 ECONOMOS : JURNAL EKONOMI DAN BISNIS

 Persyaratan Umum

Artikel harus tulisan asli yang merupakan hasil penelitian dan peninjauan/ulasan (review) yang belum pernah dimuat di dalam jurnal ilmiah mana pun, baik di lingkup nasional maupun internasional. Tulisan harus mencakup salah satu disiplin ilmu dalam bidang teknologi budidaya pertanian, peternakan, perikanan, sosial ekonomi pertanian, dan biologi tanaman.

Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia yang berpedoman pada Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia dan Ejaan yang Disempurnakan (EYD). Penyerapan kata asing dan pemakaian kata asing harus dibatasi se-sedikit mungkin, dan kalau terpaksa, pemakaiannya juga harus berpedoman pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Naskah diketik rapi berjarak 1,5 spasi kecuali Abstrak diketik satu spasi (Times New Roman, font 12) pada kertas putih HVS A4. Tidak ada catatan kaki di dalam teks. Panjang naskah maksimum 20 halaman termasuk tabel dan gambar. Subjudul ditulis di tengah.

Artikel meliputi urutan sebagai berikut: Judul (dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris), nama dan alamat penulis, Abstract (bahasa Inggris) dengan keywords, Abstrak (bahasa Indonesia) dengan kata kunci, Pendahuluan, Bahan dan Metode, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, Ucapan Terima Kasih (bila perlu), dan Daftar Pustaka.

  1. Judul. Ditulis singkat, informatif, dan deskriptif (max. 15 kata), penulisan huruf kapital, dicetak tebal dengan huruf 14 pts. Ditulis dalam bahasa Indonesia dan dibawahnya dalam bahasa Inggris.
  2. Nama penulis ditulis tanpa gelar akademik, dicetak tebal dengan huruf besar kecil dengan huruf 12 pts dan diletakkan pada bagian tengah.
  3. Alamat e-mail. Dicantumkan di bawah nama Penulis (satu atau terdiri dari tim mencantumkan email masing-masing penulis) dengan huruf 12 pts, tidak dicetak tebal dan diletakkan pada bagian tengah.
  4. Pekerjaan dicetak miring dengan huruf 12 pts, tidak dicetak tebal dan diletakkan pada bagian tengah, di bawah email.
  5. Abstract atau Abstrak. Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan dibawahnya dalam bahasa Inggris. Merupakan sari tulisan, meliputi latar belakang singkat, tujuan, hasil dan kesimpulan dalam kalimat-kalimat yang ringkas dan padat, sebaiknya tidak kurang dari 100 kata, dan tidak lebih dari 300 kata (dalam bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris).
  6. Keywords atau kata kunci. Keywords/kata kunci ditulis langsung sesudah abstract/abstrak pada baris baru dimulai dari tepi kiri. Kata kunci paling banyak 5 kata.
  7. Pendahuluan. Pendahuluan merupakan justifikasi tentang subyek yang dipilih didukung dengan pustaka yang relevan. Tidak terlalu luas tapi juga tidak terlalu singkat. Kajian literatur sebagai dasar pernyataan kebaruan ilmiah dari naskah, pernyataan kebaruan ilmiah, dan permasalahan penelitian atau hipotesis. Memuat latar belakang penelitian sebagai teori dasar dilakukannya penelitian dan harus diakhiri dengan tujuan penelitian.
  8. Metode. Memuat bahan utama yang digunakan dalam penelitian dan metode-metode yang digunakan dalam pemecahan permasalahan termasuk metode analisis. Komponen-komponen peralatan penunjang tidak perlu dituliskan. Metode penelitian mencakup tempat, waktu, metode pengambilan sampel, pelaksanaan penelitian, metoda analisa, dan hal lain yang berkaitan. Harus detil dan jelas sehingga orang yang berkompeten dapat melakukan penelitian yang sama (repeatable and reproducible). Dicantumkan analisis statistika, termasuk rumus-rumus yang digunakan dan dicantumkan sumber literaturnya.
  9. Hasil dan Pembahasan. Hasil melaporkan apa yang diperoleh dalam percobaan. Hasil dirangkum dalam bentuk tabel dan grafik yang langsung diberi notasi statistika berdasarkan uji beda rataan yang umum. Tabel dan grafik/gambar dilengkapi dengan nomor dan judul. Untuk tabel, judul ditulis di bagian atas, sedangkan untuk grafik dan gambar ditulis di bagian bawah. Bila tabel dan grafik dikutip, sumbernya disebutkan sesuai dengan Daftar Pustaka. Tidak mengulang data yang disajikan dalam tabel atau grafik satu per satu dalam bentuk kata-kata kecuali hal-hal yang sangat menonjol. Pembahasan membandingkan hasil yang kita peroleh dengan data pengetahuan (hasil penelitian orang lain) yang sudah dipublikasikan dan disertai dengan sitasi pustaka dan menjelaskan implikasi data yang diperoleh bagi ilmu pengetahuan atau pemanfaatannya.
  10. Kesimpulan dan Saran. Kesimpulan disajikan dalam bentuk paragraf atau dalam bentuk penomoran. Jika ada saran, maka disajikan secara singkat dan relevan.
  11. Ucapan Terima Kasih. Ucapan Terima Kasih dibuat sebagai ungkapan terima kasih kepada pihak yang membantu penelitian, penelaah naskah, atau penyedia dana penelitian.
  12. Daftar Pustaka. Daftar Pustaka harus memuat semua pustaka yang (hanya) digunakan di dalam naskah. Daftar Pustaka disusun berdasarkan abjad, tanpa penomoran. Menulis Sumber Kutipan Menggunakan Format APA (American Psychological Association) untuk mengutip referensi.

 

Di dalam teks, pustaka harus ditulis sebagai berikut:

  • Dua penulis: Krieg & Hutmacher (1986) atau (Sudiono & Julaeha, 2004)
  • Tiga penulis atau lebih: Simanungkalit, et al. (2006) atau (Paknejad, et al., 2009). Bila terdapat lebih dari tiga pengarang, boleh menggunakan et al. atau dkk walaupun pustaka berbahasa asing, yang penting keseragaman dalam naskah tersebut.

 

Contoh penulisan Daftar Pustaka:

  • Buku

Wirawan, B., & Wahyuni, S. (2002). Memproduksi Benih Bersertifikat: Padi, Jagung, Kedelai, Kacang Tanah, Kacang Hijau. Penebar Swadaya, Jakarta, 120.

  • Skripsi, Tesis, Disertasi atau Laporan Penelitian.

HARDIAN, A. R. (2017). Optimasi Perencanaan Produksi Menggunakan Linear Programming Dan Perencanaan Persediaan Bahan Baku Di PT. Sandy Globalindo (SND) (Doctoral dissertation, Fakultas Teknik).

  • Bagian bab dari buku: judul bab dari buku ditulis dengan huruf kapital pada huruf awalnya saja.

Jatala, P., & Bridge, J. (1995). Nematoda Parasitik pada Tanaman Akar dan Ubi-Ubian. Dalam Luc. M., RA Sikora, dan J. Bridge, J (penyunting). Nematoda Parasitik Tumbuhan, halaman, 176-185.

  • Artikel jurnal: judul artikel ditulis huruf kapital hanya pada huruf awalnya saja. Penyingkatan nama jurnal mengikuti anjuran dari jurnal yang disitasi.

Lilleskov, E. A., Fahey, T. J., Horton, T. R., & Lovett, G. M. (2002). Belowground ectomycorrhizal fungal community change over a nitrogen deposition gradient in Alaska. Ecology, 83(1), 104-115.

  • Pustaka yang diakses dari internet:

Tata, H. L. (2009). Mikoriza: Kerjasama Saling Menguntungkan Antara Tanaman Dan Jamur. http://kiprahagroforestri.blogspot.com. Diakses tanggal 05 Februari 2010.

 

Petunjuk Untuk Penulis

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Penyerahan belum diterbitkan sebelumnya, atau sedang dalam pertimbangan jurnal lain (atau sebuah penjelasan belum disediakan dalam komentar kepada editor).
  2. File naskah dalam format file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect.
  3. Ketika tersedia, URLs untuk referensi telah disediakan.
  4. Teks 1 spasi; font 12; italic; tidak digaribawahi (kecuali alamat URL); dan semua ilustrasi, figur, dan tabel yang ditempatkan di dalam teks pada poin yang tepat, jangan di akhir.
  5. Teks yang mematuhi persyaratan mengenai perpustakaan dan gaya bahasa digambarkan secara garis besar di Petunjuk Penulis, yang akan ditemukan dalam halaman Tentang Kami.
  6. Jika penerimaan untuk bagian peer-review dari jurnal, instruksinya terdapat di Memastikan Reviewer Anonim telah diikuti.
 

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.