PENGARUH PEMBERIAN PACLOBUTRAZOL TERHADAP INTENSITAS SERANGAN PENGGEREK BUAH KAKAO

Authors

  • Amanda Patappari Firmansyah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Sitti Arwati Jurusan Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31850/jgt.v6i3.231

Keywords:

paclobutrazol, penggerek buah kakao, intensitas serangan, retardan.

Abstract

Penggerek Buah Kakao (PBK) merupakan salah satu hama penting pada tanaman kakao di Indonesia yang  menyebabkan kehilangan hasil produksi hingga 80%. Penggunaan zat pengatur tumbuh yaitu paclobutrazol dapat digunakan untuk meningkatkan ketebalan sel-sel tanaman. Hal ini dapat dimanfaatkan sebagai pengendalian. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian paclobutrazol pada intensitas serangan penggerek buah kakao. Pelaksanaan penelitian dilakukan dengan pemberian zat pengatur tumbuh dengan bahan aktif paclobutrazol pada buah kakao dengan konsentrasi yaitu kontrol, 10 ppm, 30 ppm, 50 ppm, dan 70 ppm. Evaluasi dilakukan dengan menghitung jumlah buah terserang untuk mengetahui besarnya tingkat serangan melalui metode Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang dilanjutkan dengan uji BNT. Intensitas serangan PBK yang paling rendah terlihat pada perlakuan 70 ppm dengan rata-rata buah terserang sebesar 41.33 buah, diikuti perlakuan 50 ppm sebesar 55.33 buah, perlakuan 30 ppm sebesar 65.33 buah, 10 ppm sebesar 82 buah, dan kontrol sebesar 95.33 buah.

Author Biography

Amanda Patappari Firmansyah, Universitas Muhammadiyah Makassar

Departemen/Jurusan : Agribisnis

Pangkat : Asisten Ahli

Golongan : IIIB

References

Hasan, R. H., Sarawa, Sadimantara, I. G. R. 2012. Respon Tanaman Anggrek Dendrobium Terhadap Pemberian Paclobutrazol dan Pupuk Organik Cair. Berkala PENELITIAN AGRONOMI Vol.1 No.1 Hal. 71-78. ISSN: 2089-9858. Universitas Haluoleo.

Mas’udah, Shofiyatul. 2008. Pengaruh Paclobutrazol Terhadap Kapasitas Sour-Sink Pada Delapan Varietas Kacang Tanah (Arachis hypogea L.). Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Oktaviani, Wahyu. 2008. Peningkatan Produksi Buah Kakao (Theobroma cacao L.) Melalui Pemberian Zat Pengatur Tumbuh Paclobutrazol Pada Berbagai Konsentrasi. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Santiasrini, Retno. 2009. Pengaruh Paclobutrazol Terhadap Pertumbuhan Dan Pembungaan Gloksinia (Sinnigia speciosa Pink). Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Tsegaw, Tekaliga, Hammes, S., Robberste, J. 2005. Paclobutrazol-induced Leaf, Stem, and Root Anatomical Modification in Potato. HortScience 40(5): 1343-1346. University Of Pretoria. South Africa.

Waniada, Citra. 2010. Pengujian Ekstrak Kulit Buah Kakao Sebagai Stimulant Imago Penggerek Buah Kakao (Conopomorpha cramerella Snellen) Pada Tanaman Kakao (Theobroma cacao L). Universitas Hasanuddin.

Published

19-12-2017

Issue

Section

Articles