ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PRODUK OLAHAN AYAM DI KOTA MAKASSAR

Authors

  • St. Aisyah R Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Sitti Khadijah Yahya Hiola Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31850/jgt.v6i3.237

Keywords:

preferensi konsumen, produk olahan ayam.

Abstract

Preferensi masyarakat akan konsumsi produk perunggasan khususnya daging ayam mulai bergeser. Hal ini dapat terlihat dari meningkatnya permintaan produk olahan daging ayam yang diikuti dengan ketersediaan ragam bentuk olahan dari para produsen.  Tujuan penelitian ini yaitu menentukan tingkat kepentingan relatif atribut yang mencerminkan kesukaan konsumen terhadap produk olahan ayam, menentukan utilitas masing-masing level atribut produk olahan ayam dan menganalisis preferensi konsumen terhadap produk olahan ayam.  Penelitian ini dilaksanakan selama dua bulan yaitu mulai bulan Juli sampai Agustus 2017 di Kota Makassar.  Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang berkunjung di  pasar modern yang ada di Kota Makassar. Penarikan sampel pada penelitian ini ditetapkan sebanyak 100 responden.  Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Accidental sampling.  Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis konjoin. Hasil penelitian menunjukkan  atribut-atribut produk olahan ayam yang menjadi preferensi konsumen atau yang lebih disukai oleh konsumen yaitu harga > Rp. 40.000,- dengan aroma yang dominan ayam dan bumbu, berlabel SNI dan memiliki kemasan ukuran sedang. Serta yang menjadi pertimbangan utama sampai terakhir oleh konsumen pada saat membeli produk olahan ayam adalah dimulai dari faktor harga, kedua faktor kemasan, ketiga faktor aroma dan faktor label menjadi faktor terakhir dalam penelitian ini.

Author Biographies

St. Aisyah R, Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Makassar

Program Studi Agribisnis/Asisten Ahli IIIB

Sitti Khadijah Yahya Hiola, Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Makassar

Program Studi Agribisnis/Asisten Ahli IIIB

References

Akrom, Muchammad Chusnul. 2013. Pengaruh Kemasan, Harga Dan Promosi Terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Kripik Paru Umkm Sukorejo Kendal. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Butet, W. 2008. Penerapan Analisis Konjoin Pada Penilaian Preferensi Mahasiswa FMIPA Untad Terhadap Konsep Poduk Simcard Prabayar Telkomsel. Skripsi:Universitas Tadulako.

Fiani S. Margaretha dan Japarianto, S.E., M.M. Edwin. 2012. Analisa Pengaruh Food Quality Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Roti Kecik Toko Roti Ganep’s Di Kota Solo. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 1, No. 1.

Habibah, Ummu. Sumiati. 2016. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Di Kota Bangkalan Madura. Jurnal Ekonomi & Bisnis. Volume 1, Nomor 1 , Maret 2016. Hal 31 – 48.

Hair, J F, William C B, Barry J B. 2010. Multivariate Data Analysis. Prentice Hall Higher Education. New York.

Kautsar, Rosselina Cindy. 2012. Analisis Preferensi Konsumen Yoghurt My Healthy Di Dramaga Bogor. Skripsi. Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Manajemen Institut Pertanian Bogor.

Kotler, Philip, Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management, 14th Edition United States of America : Pearson.

Kotler, Philip dan Keller, Informan. 2013. Marketing Management Fourteenth Edition. London: Pearson Education.

Ma’rifat, Tian Nur ., Ismoyowati, Dyah dan Wikarta, Jumeri Mangun. 2015. Analisis Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Produk Olahan Ayam Bersertifikat Halal di Provinsi D.I Yogyakarta. Prosiding Seminar Agroindustri dan Lokakarya Nasional FKPT-TPI Program Studi TIP-UTM, 2-3 September 2015. ISBN: 978-602-7998-92-6:42-53.

Malhotra, Naresh K. 2010. Marketing Research an Applied Orientation. New Jersey: Pearson.

Maman, P. 2013. Penentuan Jumlah dan Teknik Pengambilan Sampel untuk Sosial Ekonomi.Program Studi Sosial Ekonomi Peternakan. Fakultas Peternakan, Universitas Padjadjaran. Bandung.

Mullins, John W dan Walker, JR. 2010. Marketing Management : A Strategic Decision-Making Approach.. Seven Edition. New York: McGraw-Hill.

Miru, Ahmadi. 2007. Hukum Perlindungan Konsumen. Rajagrafindo Persada. Jakarta.

Peter, Paul dan Donnelly, James. 2013. Marketing Management: Knowledge and Skills – eleventh edition. New York: McGraw-Hill.

Rahardjo, Christopher Richie. 2016. Faktor yang menjadi preferensi konsumen dalam membeli produk frozen food. Performa: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis. Volume 1, Nomor 1, April 2016: 32-43.

Rahmawaty, Palmarudi Mappigau, Indriati Sudirman. 2012. Preferensi Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Daging Ayam Ras Di Pasar Tradisional Dan Pasar Modern Di Kota Makassar. Tesis. Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin. Makassar.

Schiffman, Leon and Leslie Lazar Kanuk. 2009. Perilaku Konsumen, Edisi ketujuh. PT. Indeks. Jakarta.

Setyaningsih, D., A. Apriyantono dan M.P. Sari. 2010. Analisis Sensori Untuk Industri Pangan dan Agro. IPB Press. Bogor.

Simamora, Bilson, 2008. Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Surjandari, Isti,. 2010. Conjoint Analysis: Konsep Dan Aplikasi. Penerbit Universitas Trisakti Undang-undang RI No. 7 Tahun 1996 tentang “Pangan”. Jakarta.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Bisnis Pemasaran. Andi. Yogyakarta.

Top Brand Index. 2017. Top Brand Index Nugget. TBI. Diakses tanggal 10 Oktober 2017.

Published

16-12-2017

Issue

Section

Articles