ANALISIS PENDAPATAN USAHA PENGGILINGAN DAGING DI KECAMATAN SERUYAN HILIR, KABUPATEN SERUYAN

Eko Saputra

Abstract


Peningkatan pendapatan usaha penggilingan daging membutuhkan berbagai informasi terkait dengan faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan dan produktivitas. Faktor penting dalam pengelolaan sumberdaya produksi adalah faktor alam, modal, tenaga kerja, dan faktor manajemen. Tujuan penelitian untuk menganalisis tingkat pendapatan usaha penggilingan daging di Kecamatan Seruyan Hilir, Kabupaten Seruyan, Provinsi Kalimantan Tengah. Penelitian dilakukan di Kecamatan Seruyan Hilir, Kabupaten Seruyan. Pemilihan responden pada penelitian ini adalah 6 orang tenaga kerja dari 3 usaha penggilingan daging yang diambil secara acak sederhana (simple random sampling) dari daftar usaha penggilingan daging yang ada di Kecamatan Seruyan Hilir, Kabupaten Seruyan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dan kuantitatif berdasarkan data primer dan sekunder dari hasil penelitian. Untuk menganalisis pendapatan usaha dilakukan pencatatan terhadap seluruh penerimaan dan pengeluaran (biaya) dalam satu bulan pada bulan Juli hingga bulan Agustus tahun 2017. Pendapatan usaha merupakan hasil pengurangan antara penerimaan dengan biaya yang dikeluarkan. Penerimaan berasal dari total produksi dikalikan dengan harga jual jasa. Pengeluaran biaya pada penelitian ini terdiri dari biaya tetap dan biaya variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapatan usaha penggilingan daging “Usaha Bersama” lebih besar dibandingkan dengan pendapatan penggilingan daging “Sumber Rejeki”, dan “Ortomoro Group”. Usaha penggilingan daging “Usaha Bersama”, “Sumber Rejeki”, dan “Ortomoro Group” layak dan menguntungkan untuk diusahakan dan dikembangkan (rasio R/C > 1).

Keywords


analisis pendapatan; usaha; penggilingan daging

References


Boediono. 1993. Ekonomi Makro. Seri Sinopsis Pengantar Ilmu Ekonomi No. 2. Edisi 4. Yogyakarta: BPFE.

BPS. 2016. Seruyan Dalam Angka Tahun 2016. Badan Pusat Statistik Kabupaten Seruyan.

Departemen Pertanian RI. 2004. Rencana Strategis Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian 2005-2009. Jakarta: Departemen Pertanian RI.

Dina Tatte. 2013. Tentang Mesin Penggiling Daging. http://trendmesin.blogspot.co.id/2013/18/mesin-penggiling-daging.html. Diakses pada tanggal 14 Agustus 2017.

Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Seruyan. 2016. Data Produksi dan Pemasaran Usaha Penggilingan Daging di Kuala Pembuang Kabupaten Seruyan. Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Seruyan.

Jausaja. 2011.Penerimaan (revenue). https://jausaja.wordpress.com/2011/04/11/penerimaan-revenue/. Diakses pada tanggal 15 Agustus 2017.

Mulyadi. 2009. Akuntansi Biaya. Yogyakarta. STIM YKPN.

Riwayadi. 2006. Akuntansi Biaya. Andalas University Press. Padang.

Soekartawi. 1986. Ilmu Usahatani dan Penelitian untuk Pengembangan Petani Kecil. UI-Press. Jakarta.

Statistik Pertanian. 2004. Peternakan. https://www.bappenas.go.id/files/1313/5098/8840/bab-4.pdf. Diakses pada tanggal 16 agustus 2017.

Zaifibio. 2012. Pangan dan Zat Gizi. https://zaifbio.wordpress.com/2012/06/29/pangan-dan-zat-gizi/. Diakses pada tanggal 16 Agustus 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.31850/jgt.v7i2.242

Article Metrics

Abstract view : 22 times
ARTICLE (Indonesian) - 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Index by:

------------------------------------------------------------------------------

Creative Commons License
This Jurnal Galung Tropika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JGT diterbitkan oleh Fakultas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Universitas Muhammadiyah Parepare.

Kampus II, Jl. Jend. Ahamad Yani KM. 6 Parepare Sulawesi Selatan 91113

e-pos (surel): jgt@jurnalpertanianumpar.com