ANALISIS TINGKAT KEPERCAYAAN PETANI TERHADAP PROGRAM SEKOLAH LAPANG-PENGELOLAAN TANAMAN TERPADU (SL-PTT) PADI DI KOTA PALOPO SULAWESI SELATAN

Intisari Intisari, Hamja Abdul Halik, Rosnina Rosnina

Abstract


Kepercayaan terhadap program merupakan komponen kognitif dari sikap.   Komponen kognitif dipengaruhi oleh pengalaman individu, pengamatannya serta informasi yang diperolehnya mengenai obyek sikap.  Pada Program SL-PTT Padi terdapat berbagai atribut yang diterapkan dan petani dapat mengungkapkan kepercayaan terhadap atribut tersebut. Ini dapat terjadi ketika petani memiki pengetahuan, dan pengalaman dengan program ini. Semakin bagus atau positif informasi, pengetahuan dan pengalaman selama mengikuti sekolah lapang, maka akan sangat tinggi tingkat kepercayaan terhadap program tersebut, hal ini dapat mempengaruhi persepsi dan sikap ke arah yang lebih positif.  Oleh karena itu, ketika pemerintah ingin mengembangkan atau memperbaiki program ini atau membuat program yang baru, maka harus memperhatikan tingkat kepercayaan petani terhadap Program SL-PTT Padi dan atribut yang dimiliki.  Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepercayaan petani terhadap Program SL-PTT Padi di Kota Palopo.  Sampel dalam penelitian ini diambil secara acak, dipilih tiga orang petani per kelompok tani yang melaksanakan program SL-PTT Padi di Kota Palopo yang jumlahnya 80 kelompok sehingga terdapat 240 responden. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala pengukuran semantic-diferensial (Simamora, 2004) yaitu 1 (sangat tidak percaya) sampai 5 (sangat percaya). Hasil penelitian menunjukkan kepercayaan petani terhadap program SL-PTT Padi di Kota Palopo masuk dalam kategori percaya (128,36).   Hal ini didasarkan dari 31 atribut dalam program SL-PTT, ada tujuh belas atribut yang petani sangat percaya dilaksanakan di Program SL-PTT, 12 atribut yang dipercaya dilaksanakan di Program SL-PTT, dan 2 atribut yang netral. Ini menunjukkan program SL-PTT Padi di Kota Palopo memiliki 31 atribut sesuai petunjuk teknis dan dilaksanakan di lapangan. Petani percaya terhadap Program SL-PTT ini karena memiliki pengalaman terhadap program tersebut.

Keywords


tingkat kepercayaan; komponen kognitif; program SL-PTT; padi

References


Schiffman L. dan Kanuk L.L., 2008. Perilaku Konsumen (Edisi Ketujuh). PT. Indeks, Permata Putri Media, Jakarta.

Setiadi N.J. 2015. Perilaku Konsumen (Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen, Edisi Revisi). Prenadamedia Group, Jakarta.

Simamora, Bilson. 2004. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Sumarwan. 2004. Perilaku Konsumen (Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran). Ghalia Indonesia, Bogor.

Suryani T. 2016. Perilaku Konsumen (Implikasi pada Strategi Pemasaran). Graha Ilmu, Yogyakarta.

Wawan dan Dewi. 2010. Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Manusia. Nuha Medika, Yogyakarta.


Article Metrics

Abstract view : 7 times
ARTICLE (Indonesian) - 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Index by:

       

------------------------------------------------------------------------------

Creative Commons License
This Jurnal Galung Tropika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JGT diterbitkan oleh Fakultas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Universitas Muhammadiyah Parepare.

Kampus II, Jl. Jend. Ahamad Yani KM. 6 Parepare Sulawesi Selatan 91113

e-pos (surel): jgt@jurnalpertanianumpar.com