IMPLEMENTASI PEMBANGUNAN PERTANIAN DI ERA OTONOMI DESA (Studi Kasus Dusun Karya Harapan Mukti Kecamatan Pelepat Ilir Kabupaten Bungo)

Mustakim Mustakim, Fikriman Fikriman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembangunan pertanian di era otonomi desa dengan mengidentifikasi berapa besar dana desa yang diperuntukkan pada Pembangunan Pertanian di Dusun Karya Harapan Mukti, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi pembangunan pertanian di era otonomi Desa di Dusun Karya Harapan Mukti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yaitu mengetahui serta mendapatkan gambaran tentang pembangunan pertanian di Dusun Karya Harapan Mukti Kecamatan Pelepat Ilir tahun anggaran 2015 sampai dengan 2018. Penelitian ini menggunakan indikator pembangunan pertanian yang meliputi kebijakan, kegiatan penyuluhan dan pelatihan, adanya pasar permintaan hasil-hasil pertanian, paket teknologi, kredit usaha, kegiatan pengembangan, pembangunan serta pemeliharaan prasarana dan sarana pembangunan pertanian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan pemerintah untuk mendukung pembangunan pertanian di desa sudah memberikan ruang yang sangat luas dan diikuti dengan penganggaran dan pelaksanaannya di lapangan. Penelitian menunjukkan bahwa kegiatan yang termasuk dalam indikator pembangunan pertanian masuk dalam perencanaan dan penganggaran, baik yang bersumber dari APB Desa maupun non APB Desa. Terhitung mulai tahun 2015 hingga 2018, Dusun Karya Harapan Mukti telah melaksanakan kegiatan yang mendukung sector pertanian sebesar Rp. 314.055.000,- yang bersumber dari APB Desa dan sebesar Rp. 1.267.050.000,- non APB Desa yang bersumber dari masyarakat melalui kelembagaan yaitu Koperasi Unit Desa “Karya Mukti”.


Keywords


implementasi; pembangunan pertanian; otonomi desa

References


Departemen Pertanian. 2004. Strategi dan Kebijakan Pembangunan Pertanian. Departemen Pertanian, Jakarta.

id.m.wikipedia.org/wiki/Jambi. Perekonomian Jambi (diakases 3 Novemeber 2018, melalui link https://id.m.wikipedia.org/wiki/Jambi).

Mayrowani, H. 2012. Pembangunan Pertanian pada Era Otonomi Daerah: Kebijakan dan Implementasi. Forum Penelitian Agro Ekonomi. Volume 30 No. 1, Juli 2012 : 31 - 47. Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian

Muktasam. 2017. Pendekatan Kelompok dalam Pembangunan Pedesaan: Fakta, Harapan, dan Tantangan. Arsyad, M., Suherman, & Ramli (editor). Realitas Desa Membangun Gagasan dan Pengalaman. Hal. 122-146. Makassar, Hasanuddin University Press.

Nuddin, A., Arsyad, M., Wahyudi, D.P., Aswad, M., & Suherman. 2017. Sistem Pertanian Konservasi Menuju Desa Mandiri: Realitas dan Harapan di Sulawesi Barat. Arsyad, M., Suherman, & Ramli (editor). Realitas Desa Membangun Gagasan dan Pengalaman. Hal. 268-298. Makassar, Hasanuddin University Press.

Salikin, K. A. 2003. Sistem Pertanian Berkelanjutan. Kanisius. Yogyakarta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.31850/jgt.v7i3.402

Article Metrics

Abstract view : 22 times
ABSTRAK (Indonesian) - 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Index by:

------------------------------------------------------------------------------

Creative Commons License
This Jurnal Galung Tropika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JGT diterbitkan oleh Fakultas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Universitas Muhammadiyah Parepare.

Kampus II, Jl. Jend. Ahamad Yani KM. 6 Parepare Sulawesi Selatan 91113

e-pos (surel): jgt@jurnalpertanianumpar.com