HUBUNGAN KARAKTERISTIK HABITAT DENGAN KELIMPAHAN IKAN HIAS INJEL NAPOLEON POMACANTHUS XANTHOMETAPON DI PERAIRAN KABUPATEN PANGKEP, SULAWESI SELATAN

Authors

  • Mauli Kasmi Jurusan Agribisnis Perikanan, Politeknik Pertanian Negeri Pangkep
  • Sulkifli Sulkifli Jurusan Agribisnis Perikanan, Politeknik Pertanian Negeri Pangkep

DOI:

https://doi.org/10.31850/jgt.v2i3.51

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengestimasi dan menganalisis kelimpahan ikan hias Injel Napoleon (Pomacanthus xanthometapon)  berdasarkan kondisi tutupan karang hidup di perairan Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan. Ikan hias Injel Napoleon ini merupakan ikan hias laut termahal. Ikan ini hidup dan berkembang biak di habitat terumbu karang. Keberadaan dan kemunculannya pada habitat terumbu karang ini masih belum diketahui secara jelas. Kerusakan terumbu karang yang terjadi selama ini diperkirakan turut mengancam ketersedian ikan hias ini. Oleh karena itu, informasi kelimpahan kaitannya dengan kondisi terumbu karang (prosentase dan jenis tutupan karang hidup) menjadi sangat penting. Metode penelitian didasarkan pada sampling paralel antara kelimpahan (visual sensus) dan prosentase  tutupan karang hidup (Point Intercept Transect)  di lokasi penelitian. Lokasi penelitian di Perairan Kepulauan Liukang Tumpabbiring dan Kepulauan Liukang Tangaya. Analisis keterkaitan kelimpahan dan tutupan karang hidup dilakukan dengan regresi linier. Hasil kajian menunjukkan bahwa Status tutupan karang di perairan Kepulauan Tuppabiring bentuk reef flat  berada pada kondisi baik (53,50 %), reef cress sedang  (47,28%), dan reef slope  baik (52,78%), sedangkan di perairan Kepulauan Liukang Tangaya yang ditemukan pada bentuk reef flat  berada pada kondisi baik (54,17 %),  reef cress baik  (58,11%), dan reef slope baik ( 60,28%). Kelimpahan ikan Injel Napoleon sebesar 0,0004 ekor/m2 dan standing stock  12.411.333 ekor pada perairan Kepulauan Liukang Tupabbiring sedangkan pada Kepulauan  Liukang Tangaya sebesar 0,016 ekor/mdan standing stock 727.718.000.

References

English, S. C, Wilkinson and V. Baker, 1997. Survey Manual For Tropical Marine Resources 2nd ed. Australia Institute of Marine Science, Townville. 390 p.

Hill, J. and C. Wilkinson, 2004. Methods for Ecological Monitoring of Coral Reefs. A Resources for Managers. Australian Institute of Marine Science, Townville. 117. P.

Poernomo, A., Mardlijah, S., Linting,L, M,. Amin, M,E, dan Widjopriono. 2006. Ikan Hias Laut Indonesia, Balai Riset Perikanan Laut. Penebar Swadaya. Jakarta. 182 p.

Russell, B. C., F.H. Talbot, G.R.V. Anderson & B. Goldman. 1978. Collection and sampling of reef fishes. In: D. R. Stoddart and R. E. Johannes (eds.), Coral Reefs: Research Methods. UNESCO, Paris. Pp: 329-345.

Published

09-01-2013

Issue

Section

Articles