ANALISIS PENDAPATAN PETANI TAMBAK IKAN BANDENG DI DESA BULU CINDEA BIRINGKASSI KECAMATAN BUNGORO KABUPATEN PANGKEP SULAWESI SELATAN

Asriany Asriany

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pendapatan petani tambak ikan bandeng, berapa besar tingkat keutungan, faktor – faktor yang mempengaruhi pendapatan, dan upaya yang dilakukan petani tambak dalam mempengaruhi pendapatan . Adapun kegunaanya yaitu diharapkan dapat dijadikan sebagai acuan dalam menjalankan suatu usaha. Bahwasanya suatu usaha yang dijalankan tentunya diharapkan dapat memberi keuntungan sehingga diperlukan adanya analisis pendapatan untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan suatu usaha.             Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha budidaya ikan bandeng di Desa Bulu Cindea Biringkassi Kecamatan Bungoro Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan merupakan daerah potensial untuk ikan bandeng, khususnya daerah Pangkep itu sendiri  merupakan salah satu usaha yang menguntungkan dan layak untuk dilanjutkan. Hal ini dapat dilihat dari tingkat pendapatan/ha/siklus yaitu sebesar Rp 5.657.318 yang tentunya memberi keuntungan karena berdasarkan hasil perhitungan R/C Ratio menunjukkan 2,11 > 1. Selanjutnya faktor – faktor  yang mempengaruhi tingkat pendapatan meliputi : luas lahan, jumlah penebaran, tingkat kematian, harga beli bahan baku (nener) serta alat dan bahan, harga jual, jumlah siklus per tahun, dan jangka waktu budidaya per siklus. Upaya yang dilakukan petani tambak yaitu dengan memperbaiki pengelolaan lahan tambak setelah panen dan mempertahankan kualitas ikan bandeng serta melakukan proses budidaya ikan bandeng sebaik mungkin.

References


Hadie.,2000. Klasifikasi dan Morfologi Ikan Bandeng. http://deradesrita.blogspot. com/2011/11/ikan-bandeng-chanos-chanos.html. Diakses tanggal 19 Juni 2013.

Hnasen dan Mowen., 2000. Akuntansi Manajemen. Erlanngga : Jakarta.

Indah, C., 2012. Profil Sosial Ekonomi Perempuan Pengumpul Semen Buangan di Desa Biring Ere Kec. Bungoro Kab. Pangkep. Skripsi : Makassar.

Prahasta, A dan Hasnawi, M., 2009. Agribisnis Bandeng. Pustaka Grafika: Bandung.

Soekartawi., 1993. Analisis Luas Lahan untuk Peningkatan Kesejahteraan. Jakarta.

Soekartawi., 1995. Analisis Luas Lahan untuk Peningkatan Kesejahteraan. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31850/jgt.v3i1.63

Article Metrics

Abstract view : 725 times
ABSTRAK (Indonesian) - 930 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Index by:

------------------------------------------------------------------------------

Creative Commons License
This Jurnal Galung Tropika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JGT diterbitkan oleh Fakultas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Universitas Muhammadiyah Parepare.

Kampus II, Jl. Jend. Ahamad Yani KM. 6 Parepare Sulawesi Selatan 91113

e-pos (surel): jgt@jurnalpertanianumpar.com