PENGARUH PENGGUNAAN JENIS SHELTER YANG BERBEDA PADA BUBU DASAR TERHADAP HASILTANGKAPAN DI PERAIRAN KABUPATEN BARRU SULAWESI SELATAN

Authors

  • Syamsul Hadi Politeknik Pertanian Negeri Pangkep

DOI:

https://doi.org/10.31850/jgt.v3i2.73

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penggunaan shelter yang berbedapada bubu dasar terhadap jumlah dan jenis hasil tangkapan. Penelitian dilakukan Mei sampai Oktober 2013.Penelitian lapangan serta analisis data dan penyusunan laporan, dengan lokasi fishing base research di kawasan perairan Kabupaten Barru.Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode observasi lapangan dengan menggunakan Experimental fishing. Data yang dikumpulkan adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui kegiatan penangkapan setiap hari sebanyak satu kali setting, setiap perlakuan dengan ulangan sebanyak 9 kali secara acak begantian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan shelter dari lamun berbeda nyata terhadap jumlahdanjenishasil tangkapan.

References

Gunarso,W., 1985. Tingkah Laku Ikan dalam Hubungannya dengan Metode dan Taktik Penangkapan. Diktat Kuliah. Jurusan Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan. Fakultas Perikanan IPB.Bogor

Nybakken, J.W., 1992. Biologi Laut. Suatu Pendekatan Ekologi. PT Gramedia. Jakarta.

Pongsapan, D.S; A. Mansyur dan A.M.Tangko, 1997. Penagruh shelter Terhadap Hasil Tangkapan Bubu Kawat di Perairan Pulau Podang-Podang Pangkep. Kumpulan Abstrak Simposium Perikanan Indonesia II. Puslitbang Perikanan Bekerjasama dengan JICA, UNHAS, Dinas Perikanan Sulsel, ISPIKANI dan HIMARIN. Makassar.

Rumeli,H; H.R. Barrus dan H.Priyadi, 1987. Hasil Tangkapan Bubu Dasar di Tanjung Pasir Tangerang. Jurnal penelitian Perikanan Laut No.38/1987. Balai Penelitian Perikanan Laut. Jakarta.

Stell,R.G.D dan J.H.Torrie, 1991. Prinsip dan Prosedur Statistika. Suatu Pendekatan Biometrik.PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Vivakartika,P., 1990. Studi tentang Pengaruh Kedalaman Peasangan Bubu Terhadap Hasil Tangkapan Ikan karang di Kecamatan Teluk Betung Bandar Lampung. Skripsi. Jurusan Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan. Fakultas Perikanan IPB. Bogor.

Wibyosatoto, B., 1994. Studi Tentang Pengaruh Perbedaan Konstruksi Mulut Bubu pada Bubu Lipat Terhadap Hasil Tangkapan di Perairan Bengkulu. Skripsi. Jurusan Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan. Fakultas Perikanan IPB. Bogor.

Wudianto; C., Nasution dan H.R. Barrus .1988.. Uji Coba Bubu Plastik di Perairan Jawa Barat. Jurnal Penelitian Perikanan Laut No. 46. Balai Penelitian Perikanan Laut. Jakarta.

Published

01-05-2014

Issue

Section

Articles