PENGGUNAAN ECENG GONDOK (EICHORNIA CRASSIPES) DALAM PENURUNAN KADAR LOGAM TEMBAGA (Cu) PADA PERAIRAN DANAU TEMPE KABUPATEN WAJO

Authors

  • Haerunnisa Haerunnisa Jurusan Pendidikan Biologi STKIP Puangrimaggalatung Sengkang

DOI:

https://doi.org/10.31850/jgt.v3i2.75

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya kemampuan eceng gondok (Eichornia crassipes)  sebagai pembersih bagi perairan yang tercemar khususnya oleh logam berat. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dilaksanakan pada Juli hingga Agustus 2012, bertujuan untuk mengetahui pengaruh eceng gondok (Eichornia crassipes) terhadap penurunan kadar logam tembaga (Cu) pada perairan Danau Tempe Kabupaten Wajo. Parameter utama yang diukur adalah penurunan kadar logam tembaga (Cu) dalam air yang telah mendapat perlakuan dengan menggunakan eceng gondok (Eichornia crassipes), sedangkan  parameter pendukungnya adalah kualitas air antara lain suhu, pH, oksigen terlarut dan zat organik dan anorganik terlarut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kadar logam tembaga (Cu) mengalami penurunan  setelah diberi perlakuan eceng gondok. Penurunan optimum diperoleh dari perlakuan 6  rumpun  eceng gondok (Eichornia crassipes) pada hari ke 21  logam tembaga (Cu) turun 81% dari kadar awal dan rata-rata penurunan perminggunya adalah 0.012 Mg/L, sehingga disimpulkan bahwa semakin banyak eceng gondok  (Eichornia crassipes)  yang digunakan maka semakin cepat dan banyak kadar logam tembaga (Cu) yang diserap.

References

Amin dan Mustafa, 2000. Kualitas Air Danau Tempe Pada Saat Naik dan Surut. Prosidding, Semiloka Nasional dan Pemanfaatan Danau dan Waduk. Jurusan Perikanan Fakultas Pertanian Universitas Padjajaran. Bandung.

Harlin, M.1980 Seagrass Epiphytes In R.C. Philips C.P. Mc Roy (Eds).Headbooks of Seagrass Biology Amn Ekosistem Perspektif.

Hutagalung, P.H. 1991. Pencemaran Laut oleh Logam Berat Pusat Penelitian dan Pengembangan Oceanografi dalam Status Pencemaran Laut di Indonesia dan Pemanfaatannya, LIPI. Jakarta

Palar, H. 1994. Pencemaran dan Toksikologi Logam Berat. PT Rineka. Jakarta.

Published

07-05-2014

Issue

Section

Articles