ANALISIS TINGKAT KEPERCAYAAN PETANI TERHADAP PROGRAM SEKOLAH LAPANG-PENGELOLAAN TANAMAN TERPADU (SL-PTT) PADI DI KOTA PALOPO SULAWESI SELATAN

Authors

  • Intisari Intisari Fakultas Pertanian Universitas Andi Djemma
  • Hamja Abdul Halik Fakultas Pertanian Universitas Andi Djemma Palopo
  • Rosnina Rosnina Fakultas Pertanian Universitas Andi Djemma Palopo

DOI:

https://doi.org/10.31850/jgt.v7i1.287

Keywords:

tingkat kepercayaan, komponen kognitif, program SL-PTT, padi

Abstract

Kepercayaan terhadap program merupakan komponen kognitif dari sikap.   Komponen kognitif dipengaruhi oleh pengalaman individu, pengamatannya serta informasi yang diperolehnya mengenai obyek sikap.  Pada Program SL-PTT Padi terdapat berbagai atribut yang diterapkan dan petani dapat mengungkapkan kepercayaan terhadap atribut tersebut. Ini dapat terjadi ketika petani memiki pengetahuan, dan pengalaman dengan program ini. Semakin bagus atau positif informasi, pengetahuan dan pengalaman selama mengikuti sekolah lapang, maka akan sangat tinggi tingkat kepercayaan terhadap program tersebut, hal ini dapat mempengaruhi persepsi dan sikap ke arah yang lebih positif.  Oleh karena itu, ketika pemerintah ingin mengembangkan atau memperbaiki program ini atau membuat program yang baru, maka harus memperhatikan tingkat kepercayaan petani terhadap Program SL-PTT Padi dan atribut yang dimiliki.  Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepercayaan petani terhadap Program SL-PTT Padi di Kota Palopo.  Sampel dalam penelitian ini diambil secara acak, dipilih tiga orang petani per kelompok tani yang melaksanakan program SL-PTT Padi di Kota Palopo yang jumlahnya 80 kelompok sehingga terdapat 240 responden. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala pengukuran semantic-diferensial (Simamora, 2004) yaitu 1 (sangat tidak percaya) sampai 5 (sangat percaya). Hasil penelitian menunjukkan kepercayaan petani terhadap program SL-PTT Padi di Kota Palopo masuk dalam kategori percaya (128,36).   Hal ini didasarkan dari 31 atribut dalam program SL-PTT, ada tujuh belas atribut yang petani sangat percaya dilaksanakan di Program SL-PTT, 12 atribut yang dipercaya dilaksanakan di Program SL-PTT, dan 2 atribut yang netral. Ini menunjukkan program SL-PTT Padi di Kota Palopo memiliki 31 atribut sesuai petunjuk teknis dan dilaksanakan di lapangan. Petani percaya terhadap Program SL-PTT ini karena memiliki pengalaman terhadap program tersebut.

Author Biographies

Intisari Intisari, Fakultas Pertanian Universitas Andi Djemma

Dosen di Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Andi Djemma. Pangkat akademik asisten ahli

Hamja Abdul Halik, Fakultas Pertanian Universitas Andi Djemma Palopo

Dosen di Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Andi Djemma. Pangkat akademik asisten ahli

Rosnina Rosnina, Fakultas Pertanian Universitas Andi Djemma Palopo

Dosen di Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Andi Djemma. Pangkat akademik asisten ahli

References

Schiffman L. dan Kanuk L.L., 2008. Perilaku Konsumen (Edisi Ketujuh). PT. Indeks, Permata Putri Media, Jakarta.

Setiadi N.J. 2015. Perilaku Konsumen (Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen, Edisi Revisi). Prenadamedia Group, Jakarta.

Simamora, Bilson. 2004. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Sumarwan. 2004. Perilaku Konsumen (Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran). Ghalia Indonesia, Bogor.

Suryani T. 2016. Perilaku Konsumen (Implikasi pada Strategi Pemasaran). Graha Ilmu, Yogyakarta.

Wawan dan Dewi. 2010. Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Manusia. Nuha Medika, Yogyakarta.

Published

30-04-2018

Issue

Section

Articles