ANALISIS SENYAWA FORMALDEHID (FORMALIN) PADA DAGING AYAM DI KOTA MAKASSAR

Authors

  • Sukmawati Sukmawati

DOI:

https://doi.org/10.31850/jgt.v7i2.325

Keywords:

Analisis, Formalin, Daging Ayam

Abstract

Pemenuhan gizi yang harus diperhatikan adalah ketersediaan pangan atau ketahanan pangan (food security) dan keamanan pangan (food safety). Hal ini berarti makanan harus tersedia dalam jumlah cukup dan juga harus aman untuk dikonsumsi, seperti bebas dari zat pengawet yang berbahaya dalam hal ini formalin serta bebas dari cemaran mikroba patogen. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menganalisis senyawa formaldehid (formalin) pada daging ayam di kota Makassar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes kit formalin, jumlah sampel yang dianalisis sebanyak 13 sampel yang diambil secara random pada tiap populasi. Hasil dari penelitian ini ialah dari tiga belas sampel yang diuji, semuanya negatif atau tidak mengandung formalin,  dengan kata lain sebaran daging ayam di kota Makassar termasuk kategori bebas dari pengawet formalin tersebut sehingga layak konsumsi oleh konsumen.

References

Arifin, Z., Murdiati, T. B dan Firmansyah, R. 2005. Formalin Detectin of Broiler Chicckens from the Market. Seminar Nasional Teknologi Peternakan dan Veteriner, hal:1036-1040.

[BSN] Badan Standardisasi Nasional. 2009. Mutu Karkas dan Daging Ayam. Badan Standardisasi Nasional: SNI No. 3924.

Buckle, K. A., Edward, R. A., Fleet, G. H and Wootton, M. 2009. Ilmu Pangan. Terjemahan Hari P dan Adiono. UI Press. Jakarta.

Cahyadi, W. 2008. Analisis dan Aspek Kesehatan Bahan Tambahan Pangan Edisi 2, Cetakan I. Bumi Aksara. Jakarta.

Evy. 2004. Ikan Asin di Sukabumi Mengandung Formalin. Kompas 20 Maret 2004.

Ramidi. 2004. Makanan Mengandung Pengawet Mayat Beredar di Jakarta. Koran Tempo. 3.

Sukmawati., Ratna dan Fahrizal, A. 2018. Analisis Cemaran Mikroba Pada Daging Ayam Broiler di Kota Makassar. BIOTROPIC The Journal of Tropical Biology. 2 (1): 46-52.

Sukmawati. 2018. Total Microbial Plates on Beef and Beef Offal. Bioscience 2 (1): 22-28.

Takahashi, M. R., Hasegawa, F., Furukawa, K., Toyoda, H., Sato and Hayashi, Y. 1986. Effects of Ethanol, Potassium Metabisulfite, Formaldehyde and Hydrogen Peroxide on Gastric Carcinogenesis in Rats after Initiation with N-methyl- N'nitro- N'nitrosoguanidine. Jap. J. Cancer Res. 77: 118-124.

Widyaningsih, D.T dan Erni, S.M. 2006 . Formalin. Penerbit Trubus Agrisarana. Surabaya.

Winarno, F.G dan Sulistyowati, T. 1992. Bahan Tambahan Untuk Makanan dan Kontaminasi. Pustaka sinar Harapan. Jakarta.

Winarno, F.G dan Sulistyowati, T. 2003. Bahan Tambahan Pangan. Direktorat Survelan dan Penyuluhan Keamanan Pangan Deputi Bidang Pengawasan Keamanan Pangan dan Bahan Berbahaya Badan Pengawas Obat dan Makanan. Jakarta.

Published

23-08-2018

Issue

Section

Articles