EFEKTIFITAS PENGGUNAAN PROBIOTIK DAN ANTIBIOTIK TERHADAP KUALITAS AIR DALAM MENINGKATKAN SINTASAN POST LARVA

Authors

  • Hasniar Hasniar
  • Firman Firman
  • Yunarti Yunarti

DOI:

https://doi.org/10.31850/jgt.v2i1.38

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dosis probiotik Bacillus Plus-1 dan antibiotik yang paling efektif dan efisien dalam memperbaiki dan mengontrol kualitas air media pemeliharaan post larva. Disain yang digunakan pada penelitian ini adalah rancangan acak kelompok dengan bahan uji yang diaplikasikan adalah probiotik Bacillus dengan dosis 0,75 mg/l, 1,0 mg/l dan 1,25 mg/l, bakteri Vibrio harveyi resisten rifamvicin 6 mg/l, serta Oxytetracyclin dan Erytromicin masing-masing 1 mg/l.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan udang windu cukup baik, akan tetapi perlakuan C2 (perlakuan probiotik 1,25 ppm dan erytromicin) dan B1 (perlakuan probiotik 1,00 ppm dan oxytetracycline) memiliki pertumbuhan tertinggi dibandingkan dengan perlakuan lainnya. Sintasan tertinggi udang windu selama pemeliharaan diperoleh pada perlakuan C1 (perlakuan probiotik 1,25 dan oxytetracycline), menyusul perlakuan D (kontrol). Pada saat uji tantang larva udang windu dengan bakteri Vibrio harveyi pada tingkat kepadatan 105, maka perlakuan kontrol memiliki tingkat kematian yan tertinggi. Hasil analisis sidik ragam menunjukkan bahwa baik pertumbuhan, sintasan maupun uji tantang tidak memberikan pengaruh nyata terhadap larva udang windu yang diuji.

References

Arsyad, H dan Hardini. 1989. Penuntun Praktis Budidaya Perikanan (Suatu Rangkuman). Cetakan Kedua. Mahkota. Jakarta.

Asni. 2001. Analisis Bakteri Patogen pada Air, Sedimen dan Kerang Dara di Perairan Teluk Pare-Pare. Tesis. Progman Pascasarjana Universitas Hasanuddin. Makassar.

Atmomarsono, M., M.I. Madeali., A. Tompo., dan Muliani. 1993. Bakteri Penyebab Penyakit pada Udang Windu di Perairan Tambak Sulawesi Selatan. Balai Penelitian Perikanan Budidaya Pantai, Maros.

Bakhtiar, 2004. Efektifitas Penggunaan Antibiotik untuk Mengontrol Penyakit Bakteri Vibrio Harveyi pada Pasca Larva Udang Windu. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Hasanuddin. Makassar.

Boer, D.R., Zafran., dan A. Taufik. 1993. Penanggulangan Penyakit Udang Windu di Panti Pembenihan. Prosiding. Seminar Hasil Penelitian Sub Balai Penelitian Perikanan Budidaya Pantai (SPPB) Gondol, Bali.

Chanratchakcol, P., J.R. Turbull., S.F. Smith., and C. Limsowan. 1995. Health Management in Shrimp Pond. 2nd edition. Aquatic Animal Health Research Institute. Departement of Fisheries. Kasetsart University Campus, Bangkok.

Chen, L.T. 1989. Shrimp Diseases, Prevention and Treatment. Proceeding of the Southheast Asia Shrimp Farm Management Workshop. Philippines. Indonesia and Thailand. Singapore 1989.

Dempsey, A.C., C.L.Kitting., and R.A.Rosson 1989. Bacterial Variability Among Individual Penaeid Shrimp Digestive Tract. Crustacean 56 (3).

Effendi. I. 2000. Telaah Kualiatas Air Untuk Pengelolaan Sumberdaya dan Lingkungan Perairan. Fakultas Perikanan, IPB. Bogor.

Gomes,G.B., A.Roque., dan J.F. Turnbull. 2000. The Use and Selection of Probiotic Bacteria for Use in The Culture of Larval Aquatic Organisms. Aquaculure 191.

Irianto, A. 2003. Probiotik Akuakultur. Gadjah Mada University Pres. Yogyakarta.

Kabata, Z. 1985. Parasites and Deseases of Fish Culture in The Tropics. Tailor and France London and Philadelphia.

Kokarkin, C. Dan B. Sumartono. 1990. Upaya Pencegahan Penyakit pada Pembenihan Udang. Prosiding Seminar Nasional I Penyakit Ikan dan Udang . Balai Penelitian Perikanan Air Tawar. Pusat Penelitian dan Pengembangan Perikanan. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. 16-18 Januari 1990.

Patang, 2007. Analisis Ekonomi Pembatutan Tokolan Udang Windu dalam Meningkatkan Produksi dan Pendapatan Petani Tambak di Sulawesi Selatan. Disertasi. Program Pascasarjana Universitas Hasanuddin. Makassar.

Rantetondok,.A. 1986. Hama dan Penyakit Ikan. Jurusan Perikanan Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin Ujung Pandang. Lembaga Penerbitan Unhas.

Sindermann, C.J. 1990. Principal Deseases of Marine Fish and Shelfish. Academic Press inc. Vol II. Second Edition Sandiego, California.

Published

22-12-2012

Issue

Section

Articles