TINGKAT PENCAPAIAN SIKLUS BIRAHI PADA KAMBING BOERAWA DAN KAMBING KACANG MELALUI TEKNOLOGI LASER PUNKTUR

Authors

  • Abdul Hakim Fattah

DOI:

https://doi.org/10.31850/jgt.v4i2.99

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat pencapaian birahi pada kambing boerawa dan kambing kacang dengan penggunaan teknologi laser punktur. Penelitian dilakukan di VBC Kambing Boerawa, Lappa Cenrana Kecamatan Bulupoddo yang berlangsung pada Maret - Apri 2015. Pada penelitian digunakan 10 ekor kambing Boerawa dan 10 ekor kambing Kacang lokal, jenis kelamin betina, umur 10 – 12 bulan atau induk kambing yang telah melahirkan sedikitnya dalam waktu 1,5 bulan , kondisi sehat, tidak dalam keadaan bunting dan tidak dalam keadaan berahi. Untuk mengukur kualitas berahi yang timbul setelah pelaseran, digunakan 2 ekor kambing Pejantan Pengusik yaitu 1 ekor kambing pejantan Boerawa dan 1 ekor pejantan kambing Kacang lokal. Hasil penelitian menunjukkan tingkat pencapaian siklus berahi melalui penerapan teknologi laser punktur menunjukkan kambing Boerawa memiliki respon lebih tinggi dari pada kambing Kacang, baik dari aspek persentase pencapaian berahi yang mencapai 90%, interval waktu munculnya berahi (onset) maupun kualitas berahi yang dinilai dari beberapa gejala estrus yang diamati.

References

Guntoro, S.M.R. dan Yasa, 2002. Aplikasi Teknologi Laserpunktur Untuk Gertak Birahi pada Kerbau. Didalam: Hariyanto B., et al. Prosiding. Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan. Bogor.

Lin. J.W.W. et al. 2001. Acupunctur for Reproduction Di dalam Schoen. A. M. Veterinary Acupunctur Arcient Art to Modern Medicine. Mosby.

Samak, A.H.A. et al. 1997. Pengaruh Laserpunktur Terhadap Daya Reproduktivitas dan kadar Progesteron Serum Darah Kambing Kacang. Meridian Indonesia.

Toelihere, M. W. 1993. Animal Reproduction In Indonesia State Of The Art. Makalah 4th Internasional Meeting On Biotechnilogy In Animal Reproduction. Bogor.

Published

19-05-2015

Issue

Section

Articles